banner 970x250

Ingin Siswanya Lulus PPDB, Oknum Pengawas SMP Diduga Manipulasi Nilai Raport

Tangerang, Nusantarapos.co.id – Dugaan manipulasi nilai raport siswa-siswi di salah satu SMP Negeri di Kota Tangerang jadi perbincangan hangat dan sorotan masyarakat.

Praktik curang itu diketahui setelah siswa-siswi mendaftarkan diri sebagai peserta didik baru secara online dengan meng-input nilai raport masing-masing di website PPDB.

“Kaget saat melihat nilai raport beberapa calon siswa dimana nilai rata-rata yang tercantum di aplikasi/web PPDB Banten jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan nilai yang seharusnya (asli-red),” ujar Lia didampingi wali murid lainnya saat dikonfirmasi awak media, Jumat siang (5/7/2024).

Ia menambahkan, dugaan kuat ada oknum dari sekolah asal yang merubah atau menambahkan nilai raport siswa – siswi tersebut agar lolos PPDB, jelasnya.

Ironisnya, dugaan manipulasi nilai raport itu dilakukan oleh oknum PNS dengan inisial M seorang Pengawas SMP, dan diketahui sebagai mantan Wakasek Bidang Kurikulum di salah satu SMP Negeri terbaik di Kota Tangerang.

“Tentunya perbuatan manipulasi nilai yang dilakukan oknum M tersebut sangat disayangkan dan merugikan, karena mengurangi hak calon siswa lain yang sama – sama berjuang untuk mendapat kursi di sekolah impian,” tegasnya.

Terkait itu pula, Lia bersama sejumlah wali murid lainnya mendesak dan mendorong Pemerintah Kota Tangerang dan Dinas Pendidikan untuk dapat menindaklanjuti adanya dugaan maladministrasi tersebut.

“Kalau dia terbukti melakukan maladministrasi itu masuk 263 KUHP tentang pemalsuan surat atau dokumen, termasuk ini bisa berkembang ke Gratifikasi. Harus diusut tuntas pihak terkait yang turut serta terlibat dalam kecurangan tersebut,” tandasnya.