PLTGU Jawa 2, Sukses Tahap COD

    Jakarta, Nusantarapos.co.id – Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 2 yang telah beroperasi dan sukses mencapai tahap commercial operation date (COD) pada tahun 2019 dan merupakan bukti komitmen PT PLN (Persero) untuk terus meningkatkan keandalan sistem kelistrikan DKI Jakarta dan sekitarnya. 

    Saat ditemui disela acara, M. Ahsin Sidqi menyampaikan harapannya dan kesannya saat dikunjungi Direktur PLN beserta jajarannya.”Indonesia Power ini memang menjadi tempat Best Practice berbagai macam pembangkit dan telah diakui oleh direksi PLN. Dan untuk PLTGU Jawa 2 kedepannya akan diresmikan oleh Pak Presiden, dan kita harapkan ini dapat menjadi sejarah bagi kita dan agar Indonesia Power dapat lebih baik lagi kedepannya,”tutur Ahsin

    Pembangkit yang dioperasikan oleh Indonesia Power ini memproduksi daya sebesar 800 MW. Selain untuk memasok listrik DKI Jakarta, PLTGU Jawa 2 ini juga berperan sebagai Black Start System dan Backup MRT dan yang terpenting PLTGU ini menggunakan teknologi yang ramah lingkungan serta lebih effisien, jadi sangat mendukung untuk program penurunan biaya pokok produksi.

    “PLTGU Jawa 2 memberikan tambahan pasokan energi listrik sebesar 800 MW. Energi listrik tersebut ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat melalui sistem jaringan transmisi dan gardu induk PLN di DKI Jakarta dan sekitarnya serta memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali sebagai pembangkit dengan tipe Load Follower ataupun Peaker,” ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PT PLN (Persero), Haryanto WS.

    “PLTGU ini project yang onschedule dan tentunya ini kebanggaan juga untuk kami karena PLTGU ini dibangun diatas bongkaran Ex-Pltu yang lokasinya sangat terbatas,”tambah Ratnasari, GM UIP JBB PLN saat memberikan paparan didepan Direksi PLN.

    Diakhir paparan dan sebelum mengunjungu unit PLTGU Jawa 2, Direktur Utama PLN berterimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja dengan baik dan menjaga sinergitas,”saya ucapakan terimakasih atas kerja kerasnya, semangatnya, dan dedikasinya untuk project ini. Semoga kedepannya dapat bermanfaat dengan baik dan siap untuk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo,”pungkas Zulkifli.