Gubernur Anies Diminta Evaluasi Kinerja Walikota Jakbar, Buntut Penyelenggaraan Trofeo Persija Glory

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto dilaporkan ke Inspektorat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena mendukung penyelenggaraan Trofeo Persija Glory 2001 pada 15 November 2020 lalu, di Lapangan Porsekem, Kembangan.

Pelaporan itu, berawal adanya turnamen yang diduga banyak pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Laporan dikirimkan oleh seorang warga bernama Badar Subur langsung ke kantor Inspektorat Pemprov DKI Jakarta, di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

“Sebagai warga Jakarta, saya sangat perihatin atas kinerja Pemerintah Kota Jakarta Barat yang berkesan membiarkan pelanggaran protokol kesehatan dalam turnamen sepakbola itu,” ujarnya.

Selain Uus, dalam surat laporannya juga tercantum nama Camat Kembangan, Joko Mulyono dan Lurah Kembangan Utara, Rudi Hariyanto. Selain Inspektorat, Badar juga melaporkan masalah ini ke DPRD DKI Jakarta.

“Saya mendesak, agar Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan evaluasi kinerja para aparaturnya, khususnya di wilayah Jakarta Barat Apalagi mereka adalah para pimpinan Satgas Covid-19 di masing-masing tingkatannya,” terangnya.

Sebelumnya beredar foto dan video penyelenggaraan Trofeo Persija Glory 2001 yang disaksikan oleh ratusan warga. Dalam foto dan video tersebut terlihat jelas bahwa warga menonton tidak menerapkan jaga jarak. Bahkan banyak dari mereka anak-anak yang tidak memakai masker.

“Panitia sangat tidak profesional karena dengan bukti-bukti itu malah membuat pembelaan di beberapa media nasional dengan mengatakan sudah menerapkan protokol kesehatan. Bukti berbicara Bung!,” katanya dengan nada tinggi.

Sementara itu, hinnga berita ini diturunkan Walikota Jakbar Uus Kuswanto enggan memberi jawaban, meskipun telah dihubungi melalui pesan elektronik.