Program vaksin Gratis, Menparekrat Optimistis Pemulihan Bidang Pariwisata Bisa Dipercepat

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng tiga platforn bidang kesehatan yakni Alodokter, Homecare24 dan Medi-true untuk berkolaborasi melaksanakan vaksinasi Covid-19 gratis bagi lanjut usia (Lansia) dan pekerja dibidang Pariwisata.

Kerjasama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan dukungan berupa Program Drive-true Vaksin Covid-19 Gratis antara Kemenparkraf dan tiga sturt up bidang kesehatan di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno diwakili oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Henky AP Manurung mengatakan, kolaborasi vaksinasi gratis ini diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi pemerintah.

“Diharapkan Indonesia dapat segera pulih dari pandemi Covid-19. Apalagi, pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak Covid-19,” kata Sandi.

Penurunan jumlah wisatawan, baik manca negara maupun domestik dengan signifikan, kata Sandi, telah melumpuhkan perekonomian masyarakat yang berada dititik-titik wisata Indonesia.

Sudah menjadi misi Kemenparekraf di masa pandemi ini, untuk segera memulihkan kepercaryaan masyarakat terhadap berwisata sesegera mungkin tanpa mengsampingkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Vaksin adalah jelas salah satu solusi terbaik. Dan saya berharap kemitraan ini akan membantu pemerintah melakukan proses monitoring dan evaluasi, sehingga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bisa berlangsung secara efektif, efesiensi dan tentunya tepat sasaran,” tutur Sandiaga Uno yang disampaikan Henky AP Manurung.

Kesempatan sama, Victor Aritonang selaku Ketua Kadin Jakarta Pusat, menyambut baik kolaborasi Kemenparekraf dengan tiga platform kesehatan tersebut, dalam mengatasi pandemi di Tanah Air.

“Kolaborasi ini sebuah niat baik mengatasi pandemi. Dan saya berpesan betul-betul data base disiapkan, artinya kepingin niat baik ini ada indikator yang bisa dilihat publik,” ujar Victor seraya menargetkan dari kolaborasi ini harus tervaksin sekitar 3 sampai 4 persen.

Penandatangan surat perjanjian kerjasama dilakukan Menprekaf, Suci Arumsari Dirut Alodokter, Theresia Lumban Gaol sebagai Dirut Homecare24 dan Bagus Mulyo Dirut Medithu.