PMI Jakarta Beri Penghargaan Pendonor Rutin Sukarela

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada 325 pendonor, terdiri dari 309 pendonor pria dan 16 pendonor wanita yang rutin mendonorkan darahnya secara sukarela sebanyak 50 kali.

Acara pemberian penghargaan tersebut digelar PMI Jakarta di Lantai 5, Aula Gedung PMI Provinsi DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya No. 47, Jakarta Pusat, Sabtu (30/10) dan dihadiri Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, H.Rustam Effendi beserta Kepala UDD PMI DKI Jakarta, Dr Niken Ritchie dan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dr. Sulung Mulia Putra.

Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, H. Rustam Effendi dalam sambutannya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengakui para pendonor darah sebagai pahlawan kemanusiaan serta mempromosikan contoh yang mereka cerminkan kepada warga DKI Jakarta. DKI Jakarta membutuhkan 1.000 hingga 1.200 kantong darah per harinya, di mana PMI DKI Jakarta melayani lebih dari 400 rumah sakit wilayah DKI dan sekitarnya

Lebih lanjut kepada awak media, Rustam menyatakan bahwa kegiatan ini semacam ucapan terima kasih kepada mereka yang secara konsisten mendonor darah. Mudah mudahan ini menjadi kampanye dan contoh positif buat mereka yang belum mendonor darah agar mengikuti rekan rekan mereka yang mendonor darah secara rutin.

“Kami pastikan bahwa donor darah secara rutin itu akan membuat tubuh kita lebih sehat, lebih kuat dan bugar dibandingkan orang yang mendonor darah tidak secara rutin. Oleh karena itu kita ajak masyarakat Jakarta agar mari sama sama donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan darah ” tuturnya.

Sementara Kepala UDD PMI DKI Jakarta, Dr Niken Ritchie, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berkat dukungan dari Pemprov DKI Jakarta dan bentuk apresiasi dari PMI kepada masyarakat yang bersedia berbagi darah tanpa pamrih.

“Kegiatan kita hari ini memang berbeda seperti tahun sebelumnya, mengingat sekarang masih pandemi Covid 19 jadi untuk penghargaan ini kita bagi dua sesi acaranya pada pagi dan siang hari. Para pendonor kali ini mendapatkan sertifikat sekaligus piagam berbentuk eman batang sebesar 0,5 gram, meskipun penghargaan ini tidak sebanding dengan darah mereka yang di donorkan secara sukarela,” ucap Niken.

Salah satu ibu penerima penghargaan, Ani Niruani yang telah 56 kali berdonor darah saat di temui menyatakan dirinya rutin berdonor darah 3 bulan sekali mulai donor sejak waktu saya remaja, sekarang sudah nikah sudah punya anak dua.”Saya rutin donor di Rumah Sakit Cipto Mangkusumo ( RSCM ) pas ada acara donor darah dari PMI secara sukarela. Alhamdulilah ini pertama kali saya dapat penghargaan pertama. Tidak menyangka dapat undangan seperti ini. Senang banget diundang kesini, rasanya dihargai. Apalagi penghargaannya diserahkan secara simbolis”, kata Ani.

Ani menegaskan akan mengajak teman temen ke RSCM dan PMI untuk donor darah.