Bantu Pemulihan Ekonomi, Belasan Desainer Gelar Road to Indonesia Fashion Parade

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id- Belasan desainer terkenal Indonesia menggelar parade busana bertajuk Road to Indonesia Fashion Parade (IFP) di Bali, Sabtu 6 November 2021.

Sebanyak 100 karya busana menggunakan Wastra Nusantara ditampilkan dalam perhelatan akbar yang diinisiasi oleh Yayasan Anugerah Maha Bintang Indonesia (YAMBI) tersebut.

YAMBI merupakan yayasan yang bergerak dibidang Fashion dan pelestarian Budaya melalui Wastra Nusantara dan juga menaungi puluhan perancang busana dari seluruh Indonesia.

Commissoner Indonesia Fashion Parade (IFP) Athan Siahaan, mengatakan, 100 karya busana yang memakai Wastra Nusantara ini diharapkan dapat menjadi sebuah karya Adibusana.

“Pemanfaatan wastra Nusantara ini juga bertujuan untuk membantu para perajin, penenun, perancang serta penjahit untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19,” jelasnya saat memberi keterangan pers melalui zoom, Senin, (8/11).

Ia menjelaskan, pagelaran busana kali ini seluruh desainer menampilkan hasil kain dari daerah masing-masing yang dihasilkan oleh berbagai pelaku usaha atau UMKM kain.

Baginya, pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang saat ini benar – benar terpuruk sudah mulai bergerak kembali. Dengan adanya pertunjukan perhelatan ini diharapkan bisa terciptanya pasar lebih baik ke depannya.

“Tentunya ini akan menggerakkan kembali roda perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) baik di Pulau Dewata maupun di Indonesia,” ungkapnya.

Pagelaran ini juga bertujuan untuk membantu rekan-rekan sesama desainer, karena telah merasakan dampak yang begitu dalam akibat pandemi ini.  Di mana, tidak ada pertunjukan yang dilakukan dan tidak bisa berbuat banyak karena adanya pembatasan.

“Berbicara soal desainer, tentu tidak terlepas dari show/pertunjukan. Tapi, selama setahun lebih belakangan ini sama sekali tidak ada kegiatan itu. Hal inilah yang membuat teman – teman desainer sangat terpuruk. Bahkan, untuk produksi tidak akan menutupi kebutuhan mereka sendiri,” tuturnya.

Namun, karena kondisi saat ini belum pulih betul, kegiatan fashion show ini dirancang dan melibatkan sedikit desainer Nasional.

“Karena sejumlah kegiatan baru saja dimulai, maka kita batasi desainer yang terlibat. Kemudian, ini juga dilakukan secara gratis kepada rekan-rekan. Sehingga, desainer yang tergabung dalam IFP ini bisa merasakan panggung yang besar seperti saat ini,” terangnya.

Desainer yang turut serta dalam fashion show
diantaranya Athan Siahaan, Ariesanthi, Sonny Muchlison, M Rizky Jumbriono, Ucok Sirait, Anita Sismic, Rachel Wang, Arlinawati, Hikmawati Arsyid, Lilis Widjayanti, Lenny Hartono dan Ukke Wahyu.

“Harapannya agar semuanya mulai bergerak lagi. Makanya kita adakan show dan menampilkan kegiatan secara live streaming. Nah, diharapkan ditonton ribuan orang dan semoga tertarik dengan produk yang ditampilkan ini. Dengan demikian, ada peluang pasar di sana,” harap Athan.

Acara yang digelar masih dalam suasana pandemi ini, menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan dilaksanakan secara hybrid, offline dan online. (AKA).