PDIP: Program Strategis Anies Baswedan Gatot

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Fraksi PDI Perjuangan di DPRD DKI Jakarta menilai, banyak program strategis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tidak berjalan.

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Gembong Warsono, beberapa program Gubernur Anies seperti normalisasi sungai, rumah DP nol persen dan OK- OCE hanya jalan di tempat.

Bahkan, Gembong menyebut semua program tersebut sebagai Gatot alias gagal total. Demikian dikatakan Gembong dalam Laporan Akhir Tahun Fraksi PDI Perjuangan di Creative Hall, MBLOC Space, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/12/2021).

“Menurut orang Wonogiri, kerja Pak Anies itu namanya gatot alias gagal total dan cuma pandai retorika,” seloroh Gembong dalam kata sambutannya.

“Banyak sekali program yang disampaikan ketika Pilkada DKI tidak dijalankan. Padahal sudah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2017-2022,” ujar politisi asal Wonogiri, Jawa Tengah ini.

Gembong menandaskan bahwa penilaian Fraksi PDI Perjuangan berdasarkan data. “Banyak program unggulan yang tidak berjalan sesuai target,” beber Gembong didampingi Sekretaris Fraksi Rio Sambodo dan hampir semua anggota fraksi.

“Contohnya, program OK OCE yang janjinya mencetak 281.812 UMKM cuma terealisasi 6.000-an. Ibarat jauh panggang dari api,” imbuhnya.

Program Rumah DP 0 Rupiah yang targetnya membangun 233.231 unit hunian vertikal hingga empat tahun ini cuma mencapai 0,3 persen. “Gubernur cuma membangun 967 unit dan yang sudah dihuni cuma 885 unit.

“Janjinya rumah tersebut dijual kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), namun kemudian diubah untuk masyarakat berpenghasilan minimal Rp 14 juta per bulan. Jadi yang dapat manfaat dari program tersebut bukan MBR atau rakyat kecil lagi. Kami menilai gagal,” pungkasnya.