Akses Kepemilikan Alquran Rendah, LPNU DKI Jakarta luncurkan Gerakan “Alquran For Legacy”

Lampung, Nusantarapos.co.id – Tidak disangka, minat memiliki Alquran secara personal di Indonesia ternyata rendah. Berdasarkan laporan data kepemilikan Alquran di Indonesia dan Malaysia pada tahun 2020, disebutkan bahwa dalam setahun, hanya 1,3 juta Alquran didistribusikan sementara di Malaysia sekitar 1,2 juta Al Quran.

Hal ini tentu menjadi miris mengingat populasi muslim di Indonesia adalah hampir sepuluh kali lipat dibanding Malaysia. Kondisi ini diperkirakan karena saat ini persepsi masyarakat bahwa Al Quran bisa dipakai bergantian dan bersama-sama.

Menyikapi kondisi tersebut Lembaga Perekonomian Nahdatul Ulama (LPNU) DKI Jakarta menggagas gerakan “Alquran For Legacy” yaitu gerakan perluasan akses kepemilikan Alquran secara personal dengan cara ditulis pribadi sesuai panduan bermetode “follow the line”.

Dengan target peningkatan kepemilikan satu Qur’an perorang serta meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang unggul dan bermartabat,gerakan menulis Alquran secara pribadi sama halnya dengan menghidupkan kembali tradisi para ulama terdahulu dalam menyampaikan pemikiran sekaligus melestarikan ilmu kepada generasi berikutnya.

“Terlebih diera digitalisasi kebiasaan menulis mulai memudar, maka gerakan ini juga kami niatkan untuk menghidupkan kembali semangat generasi milenial, siapa tahu akan lahir kembali ulama-ulama besar dari Indonesia” jelas M. Fatahillah, Ketua LPNU DKI Jakarta tambahnya kala ditemui di bazaar Muktamar Lampung, Rabu (22/12/2021).

Gerakan “Alquran For Legacy” merupakan salah satu bentuk pelaksanaan pilar pembangunan sosial yang dicanangkan program “NU Universe” dan telah diperkenalkan ke masyarakat ditengah rangkaian kegiatan Pembukaan Muktamar 34 di Lampung sekaligus pada peringatan Hari Ibu 22 Desember 2021.

Dampak Kesehatan

Atas izin dan Rahmat Allah SWT, kegemaran menulis Alquran ternyata juga memiliki dampak besar dalam pembentukan karakter manusia berupa melatih kedisplinan dan kesabaran, anti autis, anti pikun, meningkatkan kinerja motorik dan kognitif yang dapat menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan.

Untuk memaksimalkan dampak sehat kepada ketenangan hati, jiwa dan raga, LPNU bekerjasama dengan produsen Alqur’an Cordoba, Khalifa Incorporation dan Citronello mengkombinasikan gerakan menulis Al Quran dengan metode aromaterapi untuk menstimulus energi positif bagi ibu hamil,balita, remaja hingga manula.