Peringati Hari Relawan, PMI DIY Gelar Upacara Kesiapsiagaan

Yogyakarta,Nusantarapos.co.id – Peringati Hari Relawan PMI, Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) menggelar upacara yang akan diikuti oleh 500 relawan PMI se-DIY.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Kabupaten Sleman, Danang Maharsa, upacara digelar di Lapangan Pemda Sleman, Minggu (26/12).

Upacara yang berlangsung pada pukul 8.00 WIB tersebut juga akan menampilkan simulasi dan parade armada oleh para personel PMI DIY.

“Pada tahun 2005, Presiden Republik Indonesia menjadikan tanggal 26 Desember menjadi Hari Relawan PMI bertepatan dengan setahun pasca tsunami Aceh terjadi. Hal ini merupakan apresiasi Pemerintah RI kepada Relawan PMI yang telah mendarmabaktikan dirinya pada tugas-tugas kemanusiaan. Kegiatan hari ini adalah bentuk apresiasi untuk pengabdian relawan yang luar biasa,” ujar Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo kepada wartawan.

Pada tahun yang sama, tepatnya 11 November 2005, Relawan PMI juga mendapat penghargaan “Henry Dunant Medale”, penghargaan setara Nobel ini dipersembahkan kepada seluruh Relawan PMI atas kontribusinya yang besar dalam penanganan bencana Gempa Tsunami di Ace-Nias.

“Ruh dan jiwa kerelawanan ini adalah jantung organisasi PMI dalam kerja kemanusiaan. Sejak berdiri tahun 1945, saat itu PMI memiliki tugas awal menolong korban perang kemerdekaaan serta membantu pertukaran tawanan perang sampai dengan saat ini masa Pandemi Covid-19, Relawan terus bergerak meringankan beban masyarakat. Saat bencana, krisis kesehatan, dan pada situasi apa pun, mereka adalah garda terdepan kerja-kerja kemanusiaan PMI,” jelasnya.

Sejak pandemi Covid-19 merebak pada Maret 2020 sampai dengan Desember 2021, Relawan PMI DIY juga telah melakukan pelayanan ambulans gawat darurat sejumlah 656 layanan, pemulasaran dan pemakaman jenazah sejumlah 728 layanan.

Selain itu, dilakukan juga penyemprotan disinfektan di 2.614 titik dan telah menjangkau 835.069 penerima manfaat. Sedangkan layanan truk gunner spray di 87 titik telah menjangkau 1.445.356 jiwa.

Jangakauan layanan kesehatan mencapai penerima manfaat 1.208 jiwa, promosi kesehtaan di 578 titik menjangkau 109.167 penerima manfaat. Sedang pelayanan psikososial menjangkau 195 orang penerima manfaat.

Ketua Umum PMI Pusat, HM Jusuf Kalla, melalui pesan ucapan hari Relawan PMI mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada relawan yang telah sukarela dengan ikhlas mengabdikan dirinya sebagai ujung tombak kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

Jusuf Kalla menegaskan, tema peringatan “Kebersamaan Kita Tak Terhentikan” bermakna bahwa hanya dengan kebersamaan dengan bekerja bersama maka dapat mencapai tujuan meningkatkan upaya pengabdian kepada masyarakat membantu mengatasi berbagai dampak bencana.

Kesukarelaan adalah salah satu pilar Prinsip-Prinsip Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Jusuf Kalla berharap, relawan PMI dalam mengabdikan dirinya untuk kemanusiaan tetap mengedepankan profesionalitas serta Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di antaranya kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

Peringatan Hari Relawan PMI dihadiri oleh seluruh personel PMI se-DIY serta mitra kerja PMI DIY. Pada saat kegiatan akan diselenggarakan simulasi pertolongan pertama triage serta parade armada PMI se-DIY, di antaranya hagglund, gunner spray, mobil pikap spray, truk tangki air, ambulans sepeda motor dan ambulans mobil.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, diantaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. (AKA)