Satu Lagi Pasien Positif dari Tanjabbar, Sekarang Diisolasi di RS Merlung

oleh -

TANJABBARAT,NUSANTARAPOS, – Sebelumnya, satu pasien Covid-19 di Tanjabbar dinyatakan sembuh, namun hari ini ada satu pasien lagi yang terkonfirmasi positif. Pasien ini diketahui Orang Tanpa Gejala (OTG), pria berusia 44 tahun, berdomisili di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjabbar.

Dari data yang diperoleh, jumlah pasien terkonfirmasi positif di Tanjabbar masih berjumlah lima orang. Pasien asal Kecamatan Tebing Tinggi ini adalah pasien urutan ke- 83 di Provinsi Jambi.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjabbar Ir H Taharuddin mengatakan, yang bersangkutan memiliki riwayat kontak erat dengan klaster Tembora Magetan Jatim.

Saat ini, pria berinisial MA ini telah diisolasi di rumah sakit Suryah Khaeruddin Merlung. Sehingga ada empat pasien positif di RS Merlung itu.

Dikatakan Taharuddin, tim Surveilens Kecamatan Tinggi telah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE), untuk mengetahui gejala dan keluhan serta riwayat perjalanan dari pasien. Termasuk siapa saja yang kontak dengan pasien 83 ini.

Dijelaskan Taharuddin, bahwa empat pasien positif (16,17,18 dan 83) yang dirawat di RS Merlung sama sekali tidak mengalami gejala. Sehingga tidak ada keluhan medis dari pasien. “Jadi kesiapan tenaga medis di RS Merlung cukup,” ujarnya.

Data terbaru di Tanjabbar, per 19 Mei 2020, jumlah OTG di Tanjabbar 113 orang, 41 orang dalam pemantauan dan 72 orang selesai dari pemantauan. Untuk jumlah ODP 20 orang, seluruhnya telah selesai dalam pemantauan. Sedangkan jumlah Pasien dalam Perawatan (PDP) terdata 7 orang ( 6 dalam perawatan dan 1 orang selesai perawatan).

Sementara itu, berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Provinsi Jambi, saat ini jumlah pasien positif terpapar Covid-19 di Provinsi Jambi terus bertambah. Data hari ini, sebanyak 84 orang yang terkonfirmasi positif setelah dilakukan uji swab. Empat diantaranya dinyatakan sembuh (termasuk pasien 05 Tanjabbar).

Dikatakan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah, tiga tambahan pasien positif hari ini berasal dari Sungai Penuh, Tanjabbar dan Kabupaten Sarolangun.

Lebih rincinya, Johansyah menyebutkan, untuk Pasien 82 berinisial YS berusia 33 tahun, seorang laki-laki asal Sungai Penuh, saat ini berstatus Orang Tanpa Gejala dirawat di RSU A.Talib. Riwayat hasil tracking di Pasar Sungai Penuh.

Pasien 83 berinisial MA umur 44 tahun seorang laki-laki asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, saat ini berstatus Orang Tanpa Gejala yang dirawat di RS Surya Khairudin Tebing Tinggi, riwayat Kontak Tembora

Selanjutnya, Pasien 84 berinisial AS umur 27 tahun seorang laki-laki asal Kabupaten Sarolangun, saat ini dirawat di RS Chatib Quswain riwayat kontak dengan yang korfirmasi positif di Palembang.(sofian)