2020Pacitan Andalkan Sektor Pertanian dan Pariwisata

oleh -121 views

Pacitan – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diadakan tiap tahun digelar di Pendopo Kab. Pacitan. Tema dan prioritas pembangunan daerah adalah” Pertumbuhan Ekonomi yang inklusif melalui sektor Unggulan Daerah yang berkelanjutan” Berdasarkan tema tersebut kebijakan pembangunan di Pacitan tahun 2020 diprioritaskan pada SDM dan Layanan publik, Peningkatan Pembangunan Sektor Unggulan Pertanian dan Pariwisata, Peningkatan Kualitas Kehidupan Sosial Masyarakat.

Hal ini Mengacu Perda no 5 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pacitan 2016-2021 Visi Kabupaten Pacitan adalah Maju dan Sejahtera Bersama Rakyat yang dijabarkan kedalam 4 (empat) misi ; 1.Membangun tata kelola pemerintahan yang bersih,efektif,akuntabel. 2.Meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan sosial masyarakat. 3.Membagun perekonomian masyarakat dengan menggerakkan potensi daerah didukung ketersediaan infrastrukturnya memadai. 4.Meningkatkan kesalehan sosial, dan harmonisasi antar seluruh lapisan masyarakat.

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemkab melibatkan undangan sebanyak 400 mewakili beberapa unsur.

Pada acara musrenbang sebagai narasumber adalah Kepala Bappeda Pacitan, Kepala Bappeda Provinsi/yang mewakili, Ketua DPRD Pacitan, Bupati Pacitan. Ditempat terpisah saat ditemui nusantara pos Bupati Pacitan Indartato menjelaskan.” Kegiatan ini adalah mekanisme tahunan yang dilaksanakan tiap tahun, jadi kegiatan musyawarah saat ini diawali oleh penjabaran data tahunan kabupaten dan sekalian data musrenbang Kecamatan yang akan kita laksanakan. Hasilnya setelah ada masukan-masukan dari pokok-pokok dewan daerah yang nanti dijadikan Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) sebagai dasar untuk menyusun Kebijakan Umum APBD(KUA)/ Prioritas Platfond Anggaran Sementara (PPAS).

Harapan Tahunan Perencanaan kita menjadi baik, unggul, benar, kwalitas, adil, bisa diterima ditengah masyarakat dalam rangka menyukseskan visi dan misi pemerintah Kab. Pacitan. Visi Misi Pemerintah Pacitan Pertama Sehat, Kedua Pinter-pinter, Ketiga Dompetnya tebal-tebal. Namun kalau 7(tuju) Sapta Pesona adalah salah satu bagian,” jelasnya .(19/03/2019).AW