RI Ajukan Submisi Reformasi Dewan IMO di London

oleh -

Jakarta, NusantaraPos — Delegasi Republik Indonesia (Delri) yang dipimpin Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan, Sugihardjo beserta Wakil Ketua Delri, Utusan Khusus Menteri Perhubungan untuk Organisasi Maritim Intermasional (IMO), Prof. Marsetio, hadir pada Sidang Dewan International Maritime Organization (IMO) ke-121, yang berlangsung mulai 19 November dan berakhir Sabtu 23 November 2018 di Markas Besar IMO London, Inggris.

Sidang Dewan IMO ke- 121 tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal IMO, Mr. Kitack Lim dan diketuai oleh Mr. Xiaojie Zhang dari China. Dalam sambutannya, Mr. Kitack Lim menyampaikan, Sidang Council ke-121 ini menitikberatkan pada pembahasan anggaran, pertimbangan atas laporan dari Sidang Komite-komite sebelumnya (Technical Cooperation Committe sesi ke 68 dan Marine Environmental Protection Committee sesi ke 73), laporan institusi pelatihan di bawah naungan IMO, reformasi Dewan IMO serta isu strategis lain di bidang maritim.

Salah satu agenda dalam Sidang Dewan IMO ke-121 yang menjadi pembahasan utama adalah agenda mengenai reformasi Dewan IMO, kata Sugihardjo selaku Head of Delegation (HOD).

Sugihardjo mengungkapkan, dalam sidang tersebut, Indonesia akan menyampaikan dokumen submisi yang memuat sejumlah aspek terkait upaya reformasi Dewan IMO. ‚ÄúSelaku anggota Dewan IMO, Indonesia turut berkontribusi menentukan arah kebijakan dan reformasi organisasi tersebut, yang tentunya sejalan dengan kepentingan Indonesia secara keseluruhan dan sebagai negara maritim besar dunia.”

Selain itu dalam sidang, Dewan menerima dan mengadopsi laporan Sidang Komite Perlindungan Lingkungan Maritim atau Marine Environmental Protection Committee (MEPC 73) yang menghasilkan keputusan penetapan ambang batas sulphur bahan bakar kapal 0.5% dengan merevisi regulasi MARPOL Annex VI, strategi pengurangan Green House Gasses (GHG) serta merumuskan rencana aksi penanggulangan sampah plastik di laut yang bersumber dari kapal.

Sidang dihadiri oleh anggota Dewan IMO yang terdiri dari 40 perwakilan negara-negara anggota Dewan IMO di kategori A, B dan C, negara IMO member states lainnya, observer dan organisasi internasional bidang pelayaran.

Turut hadir pada sidang Dewan IMO ke-121 tersebut antara lain Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agus Purwoto, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla Kemenhub Capt. Sudiono, serta delegasi lain dari unsur Kementerian Perhubungan, Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Luar Negeri, KBRI London, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI-AL, PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).FR