Situs Watu Lakar Diyakini Simpan Harta Peninggalan Bung Karno

oleh -
Situs Watu Lakar

Nusantarapos,-Desa Sumberharjo berencana untuk memugar dan mengembangkan Situs Cagar Budaya peninggalan masa lampau. Menurut sejarah dan asal usulnya, situs ini terbentuk karena pada zaman dahulu ada seorang waliyullah yang akan membangun sebuah masjid di wilayah tersebut dan mitosnya konon pembangunannya dibantu oleh pasukan bangsa ghaib tetapi pembangunan masjid itu terhenti karena suatu hal yang tidak diketahui.

Bahkan ada juga mitos yang beredar dikalangan masyarakat, desa tersebut ada yang mengatakan kalau di dalam area situs tersebut masih tersembunyi harta karun berupa emas batangan peninggalan Presiden Pertama Ir.Soekarno. Situs megalitikum tersebut sampai saat ini masih tetap menjadi misteri terlepas benar atau tidaknya mitos-mitos yang beredar di masyarakat.

Di areal situs cagar budaya tersebut pun masih banyak dijumpai satwa liar seperti landak ,burung kicau ,dan ular. Saat ini sekretaris desa Sumberharjo Tri Pujianto sudah membuat perencanaan untuk pembangunan akses jalan menuju ke situs cagar budaya Watu Lakar tersebut serta akan dibentuk pengurus situs cagar budaya yang anggotanya adalah masyarakat desa itu sendiri.

“Dana yang nanti akan digunakan untuk memugar situs budaya itu diambil dari dana pembangunan desa dan bantuan dari pemerintah kabupaten dengan total biaya untuk pemugaran situs cagar budaya dan Wisata Alam Watu Lakar sebesar 250 juta rupiah. Rencananya situs cagar budaya Watu Lakar akan dibuat seperti wisata alam yang mana nanti ada Flying Fox ,Taman dan kolam ikan, serta untuk mengedukasi dan membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat desa sini dan untuk menambah PAD desa sumberharjo.Dana yang digunakan untuk membangun situs cagar budaya ini diambil dari dana desa dan tentunya dibantu juga oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan,” Kata Tri, Jumat (30/11)

Ia juga menjelaskan, saat ini progressnya sudah sampai pembangunan akses jalan menuju situs cagar budaya tersebut. Bahkan ia juga berharap, dengan di bukanya wisata alam Situs Cagar Budaya Watu Lakar ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Desa Sumberharjo dengan cara masyarakat bisa membuka kios oleh oleh ,toilet umum, menyewakan tanahnya untuk dibuat lahan parkir ,dan lain lainnya.(STV)

Comment