Polda Tangkap Lima Pelaku Pencurian dengan Modus Kempes Ban

Jakarta, NusantaraPos – Subdit 3 Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus pencurian disertai kekerasan dengan modus ban gembos ban.

“Berawal dari laporan masyarakat yang uangnya hilang. Saat ada di kendaraan yang sedang kempes, bannya sedang diperbaiki tahu-tahu uangnya diambil. Tanggal 16 maret dilakukan penyelidikan agar didapatkan pelakunya. Pelakunya dari kelompok Palembang-Lampung spesialis nasabah bank,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur (11/4/2019).

Tersangka berjumlah 5 orang yakni E (38), AF (43), B (39), DH (27) dan H (37). Mereka masing-masing memiliki peran tersendiri dalam menjalankan aksi pencuriannya.

“Inisial B menggambar pura-pura ikut masuk dalam antrian (di bank). Kan ada yang setor, ada yang mengambil uang. Yang di incar yang mengambil. Dia duduk diantara nasabah dan bisa memberikan gambaran. Dia sendiri kemudian menandai korban, baik itu pakaiannya apa yang dipakai,” terang Argo.

Setelah menyampaikan ciri-ciri korban, B lalu menginstruksikan kepada tersangka lain untuk beraksi.

“Tapi dia sudah menyampaikan ke temannya itu dia mengemudi. Ini lho sasaran kita menggunakan mobil ini. Dia naik motor ikutin terus, kemudian pas traffic light dia berhenti. Kemudian tersangka menggunakan paku dan sobek ban. Pakunya digunakan di sepatu dan digunakan mengempeskan ban. Jadi dia bisa memperkirakan berapa menit kempesnya,” ungkapnya.

Kelima tersangka ditangkap di lokasi berbeda di kawasan Jatiasih, Bekasi. Kelompok ini mengaku sudah melakukan pencurian di Casablanca Kuningan, Pondok Gede, Gading Timur dan Harapan Indah. Saat beraksi, mereka juga membawa senjata tajam untuk mengancam korban yang melawan.

Maka dari itu, Argo tak lupa menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada jika berniat mengambil uang dalam jumlah banyak di bank.

“Himbauan kepada masyarakat, jika ingin mengambil uang banyak minta dilakukan pengawalan oleh polisi, tidak bayar, gratis. Kemudian kalau mengambil uang jangan sendirian,” papar Argo. (RIE)