Data Ayojagatps.com : Prabowo-Sandi Raih Suara 59,74 persen, Jokowi-Ma’ruf 40,26 persen

oleh -2.384 views

Jakarta, NusantaraPos – Platform mobile ayojagatps.com hari ini pukul 15.00 merilis data hasil perhitungan suara Pilpres 2019 dimana pasangan Prabowo-Sandi meraih suara sebanyak 59,74 persen. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf 40,26 persen.

Hasil sementara, jumlah tersebut berasal dari 973.955 pemilih. Data diambil dari 300 ribu TPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Ini masih berjalan, kan TPS ada 800 ribu lebih, sedangkan yang download aplikasi ayojagatps 300 ribu orang. Katakanlah 100 ribu (pendaftar aplikasi) yang aktif, mungkin 33 juta suara ekspektasi kita yang akan masuk ke aplikasi,” ujar Co Founder Ayojagatps.com James Falahudin saat jumpa pers di Bakoel Coffee Cikini, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Aplikasi ini dikatakan James netral dan tidak memihak ke pasangan Capres-Cawapres 01 maupun 02. Data pun akan diperbaharui setiap 15 menit. “Nanti bisa dilihat pergerakannya di website kita ayojagatps.com. Kita akan update per 15 menit,” lanjutnya.

Ayojagatps.com adalah platform mobile bagi masyarakat luas yang ingin berpartisipasi secara independen untuk berkontribusi dalam rekapitulasi hasil pilpres.

“Para penjaga TPS harus memasukan KTP dan meng-upload KTP. Kami juga meminta nomer handphone sehingga ada data yang ajaib kita bisa verifikasi sampai ujung,” terang James.

Di tempat yang sama, Tri Andika selaku Pengamat politik Universitas Indonesia menyatakan bahwa apabila terdapat perbedaan hasil penghitungan suara antara aplikasi dengan quick count, maka masyarakat harus menjadikan penghitungan KPU sebagai acuan.

“Kalaupun ada perbedaan dari lembaga survei dengan platform digital seperti ini sangat biasa terjadi. Acuan terakhirnya hasil KPU,” jelasnya. (RIE)