Harga Pangan Merangkak Naik di Hari Kedua Ramadhan

Nusantarapos,-Menginjak hari kedua di bulan Ramadhan, Selasa (6/5/2019), harga beberapa komoditas pangan dan bumbu-bumbuan dapur mulai turun.

Seperti halnya Bawang putih yang menjadi komoditas, yang dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan harga yang signifikan, akan tetapi sudah mengalami penurunan.

Dikatakan salah satu pedagang bu Marikem
dari sepekan terakhir yang semula harganya 45 rb naik menjadi 60 rb dan hari ini turun menjadi 40 rb

Hal senada diungkapkan agus pedagang kebutuhan komoditi pangan dan bumbu bumbu dapur mengatakan harga kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam sepekan terakhir bawang putih dari harga sebelumnya 60 rb kini turun menjadi 40 rb.

Berbeda dengan harga kebutuhan yang lain yang masih terpantau normal, seperti gula naik Rp 1000 yang semula 11 menjadi 12 rb, telor naik Rp 1000 yang semula 21ribu menjadi 23 ribu.

Sementara itu Siti koirul juariah selaku seksi Distribusi dan Promosi, Dinas Perdagangan dan Komindag Kabupaten Trenggalek mengatakan menjelang bulan puasa dan hari raya Idhul Fitri kenaikan sejumlah bahan pokok kayaknya sudah seperti tradisi,

“Akan tetapi kita dari dinas perdagangan dan komindag sudah antisipasi, seperti kemarin kita bekerjasama dengan Bulog untuk mengadakn operasi pasar, akan tetapi hanya sebatas komoditas yang ada di Bulog, seperti beras, gula, dan minyak.” Katanya

Lanjut Dikatakan khoirul Untuk mengantisipasi kenaikan bawang putih dari Disperindag Provinsi Jawa timur akan import bawang putih.

“Kalau dari informasi dari Rakor di Disperindak Provinsi yang kemarin, memang rencana akan ada import bawang putih, akan tetapi sampai sekarang belum ada pengumuman, mungkin juga masih di pelabuan.” Jelasnya.