Kaban Diklat Pimpin Rapat, Bahas Kerjasama Bahasa Inggris Hukum Untuk Jaksa

oleh -50 views

Jakarta – Untuk peningkatan Sumber Daya Manusia Kejaksaan di bidang Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa. Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan Agung RI dalam waktu dekat akan menggelar Diklat Teknis, Fungsional dan Penjenjangan dengan menggandeng Regional English Language Office (RELO) United States Embassy Jakarta.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Setia Untung Arimuladi dalam rapat dengan RELO Mr.Bradley Horn dan Mrs.Kim Penland beserta rombongan di ruang rapat gedung Wira Badiklat Kejaksaan RI, Rabu (15/5/19).

“Diklat Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa ini rencananya pada bulan Juni 2019 akan segera di mulai, ada sekitar kurang lebih 100 (seratus) orang calon Jaksa,” ujar Untung disela rapat dengan RELO.

Dijelaskan Untung, kerjasama ini kedepan akan dapat di tinjaklanjuti lebih optimal sehingga para Jaksa nantinya bisa menguasai bahasa inggris setidaknya memahami.

Dalam kesempatan ini, Kaban Diklat juga memperkenalkan para pejabat strukturalnya kepada Pejabat Relo dan paparan tentang Tupoksi Badiklat serta keberhasilan perkembangan Badiklat seperti pembangunan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan aplikasi diantaranya, E-Diklat, E-Akadenik, E-Registrasi yang terhubung dengan website Badiklat.

Adapun materi Diklat Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa antar lain, pendahuluan jaksa dan perannya dalam sistem Hukum di berbagai Negara, Dasar-dasar hukum pidana, Peran lainnya dalam system hukum pidana, Sistem Pengadilan, Praperadilan pidana, Praperadilan Pidana (Lanjutan), Proses persidangan, Pembuktian dan pencarian bukti, Pembuktian dan pencarian bukti (lanjutan) soff skil dalam persidangan, Proses Persidangan (Lanjutan) Hak-hak dan Pembelaan, Hak-hak dan Pembelaan (lanjutan) Penetapan hukuman dan Upaya banding.

Para pengajar Bahasa Inggris Hukum akan di datangkan dari berbagai Negara antara lain, dari Amerika, Inggris, Australia dan sejumlah Negara lainnya.

“Bahasa Inggris Hukum untuk Jaksa itu langka, materinya di buat dari berbagai Penegak Hukum Internasional,” ujar Andrian yang hadir bersama Relo yang dipercaya sebagai penterjemah materi dari bahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia serta memberikan dukungan implementasi materi Diklat Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa, selain itu sebagai tindak lanjutnya sistem pembelajaran Bahasa Inggris ini mempergunakan aplikasi E-Learning, (Red).

Comment