Eks Gubernur Maluku Minta Milenial Teladani Pattimura

oleh -345 views

Jakarta, NusantaraPos – Peringatan HUT ke-202 pahlawan nasional Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy, digelar organisasi Maluku Satu Hati, Sabtu (18/5/2019). Peringatan dihelat di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dengan ziarah, doa dan tabur bunga. Turut digelar upacara peringatan yang dipimpin mantan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

“Perayaan HUT Pattimura ini harus disadari sebagai momen anak-anak Maluku untuk membangun negeri,” ujar Albert dalam sambutannya.

Menurut Albert, bangsa yang besar ialah bangsa yang mengargai jasa para pahlawannya seperti Pattimura. Dalam konteks kekinian, penghargaan terhadap para pahlawan bisa dilakukan dengan cara membangun bangsa atau daerah. Hal ini yang menurutnya perlu juga dilakukan generasi muda.

“Kita patut bersyukur karena pada 15 Mei 2019 tepat 202 tahun perjuangan Pattimura tua yang telah terlebih dulu meningalkan kita, namun Pattimura-Patimura muda akan muda akan lahir untuk meneruskan perjuangan dalam membangun Maluku ke arah yang lebih baik,” tutur dia.

Ia meminta generasi muda Maluku termasuk milenial, menjadikan Pattimura sebagai teladan. Tak perlu angkat senjata, caranya cukup dengan belajar yang rajin, berinovasi dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Kontribusi positif ini, nantinya diharapkan bisa membantu pengembangan Maluku bersama seluruh elemen masyarakat, karena sejauh ini wilayah tersebut masih masuk dalam provinsi miskin.

Lebih lanjut, Albert memuji Maluku Satu Hati yang masih semangat dan peduli terhadap HUT Pattimura di tanah perantauan. Apalagi kegiatan oleh organisasi pimpinan James Talakua, dipandang sukses dan lancar.

Turut hadir pada acara Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Y.O.I Tahapari, Mayjen TNI (Purn) Max Tamaela, Brigjen Pol Emus Laturette, Yohanes P Pelupessy, Brigjen Pol (Purn) Kornelius Patty, Laksada TNI (Purn) Isak Latuconsina, DPP Cristina Martha Tihahu, Pengurus Pusat Nusahulawano, DPP Parwama Ina, Semmy Matulessy dan Yopie Wattimury serta masyarakat Maluku di Jabodetabek.

“Kalau kemarin Maluku Satu Hati dengan nama perjuangan relawan Maluku Voor Jokowi telah memenangkan (capres-cawapres nomor urut) 01 maka kita harus bersama-sama membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk sama-sama sukseskan semua program, terlebih itu Maluku Satu Hati juga harus berjuang agar ada anak Maluku yang tampil dalam gelanggang kabinet mendatang,” tandas purnawiran jenderal TNI bintang satu itu. (RK)

Comment