Perkuat Diplomasi Parlemen, DPR RI Kunker ke Yordania

oleh -44 views

Amman, Nusantarapos – Seminggu pasca pengumuman hasil pemilu, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, didampingi beberapa anggota DPR mengadakan kunjungan kerja ke Yordania tanggal 26-29 Mei 2018. Kunjungan ini dilakukan untuk memperkuat kerjasama antar parlemen yang telah terjalin di anatara kedua negara.

Menurut Dubes RI untuk Yordania, Andy Rachmianto, kunjungan ini melengkapi kunjungan BKSAP DPR RI dan Komisi I DPR RI sebelumnya. “Kunjungan kerja wakil rakyat ini menjadi bukti dukungan diplomasi parlementer dalam penguatan hubungan bilateral RI-Yordania,” tegas Dubes Andy.

Selama kunjungan, delegasi Wakil Ketua DPR telah mengadakan pertemuan dengan perwakilan Palestine National Council (PNC), Zuhair Rasyad dan Wakil Ketua Majlis Nuwab (Parlemen) “Yordania, Dr. Nassar Al Qaisi. Dalam kedua pertemuan tersebut, kedua parlemen negara sahabat itu menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dukungan Indonesia selama ini dalam membantu perjuangan kemerdekaan Palestina.

Indonesia sampai kapanpun akan selalu mendukung perjuangan bangsa Palestina. Semua fraksi di DPR RI secara bulat memberikan dukungan terhadap Pemerintah RI dalam membantu Palestina. “Kemerdekaan Palestina merupakan hutang bagi bangsa Indonesia yang belum terbayarkan,” tutur Fahri Hamzah.
Dalam pertemuan juga sempat diangkat keinginan parlemen Yordania agar dapat diupayakan lebih banyak wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Yordania dan Palestina, khususnya ke Masjidil Aqsa.

Menurut Fahri, pemerintah Yordania harus memfasilitasi berbagai kemudahan bagi wisatawan dari Indonesia, antara lain pemberian bebas visa, paket wisata yang menarik dan pembukaan akses penerbangan langsung. “Jika kemudahan ini bisa dilakukan, dipastikan jumlah wiatawan dari Indonesia akan melonjak drastis”, tegas Fahri.

Dalam kunjungan ke negeri para Nabi ini, delegasi Wakil Ketua DPR RI juga berkesempatan untuk berbuka bersama (iftar) dan bertatap muka dengan warga diaspora Indonesia bertempat di KBRI Amman. Sesuai dengan tugas sebagai Wakil Ketua Bidang Kesra, Fahri Hamzah, menyampaikan apresiasi atas kinerja KBRI Amman sebagai perwakilan “citizen service” untuk terus hadir mewakili negara dalam upaya perlindungan pekerja migran Indonesia.

Di bidang pendidikan, DPR RI akan membantu permintaan agar dapat diupayakan sumber-sumber pendanaan, khususnya beasiswa, bagi para mahasiswa Indonesia yang akan menempuh studi di Yordania.

Memanfaatkan bulan suci Ramadan, Fahri Hamzah dan rombongan berkesempatan pula melakukan safari ramadan dengan melaksanakan iftar dan shalat taraweh di beberapa masjid di kota Amman, seperti Masjid Raja Hussein bin Talal, Masjid Raja Abdullah I (Blue Mosque) dan gua Ashabul Kahfi.

Rombongan wakil rakyat ini juga sempat mencicipi nasi mansaf serta katayef dan kunafeh sebagai makanan khas Yordania.

Comment