Ibu Adalah Tonggak Penting Dalam Keluarga

oleh -
Ketua Bidang Kaderisasi dan Kepemimpinan PP INI, DR. Diah Sulistyani Muladi, SH, CN, MHum
Ketua Bidang Kaderisasi dan Kepemimpinan PP INI, DR. Diah Sulistyani Muladi, SH, CN, MHum

Jakarta, nusantarapos.co.id – Jelang memperingati hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Setiap wanita yang telah merasakan sebagai seorang ibu memiliki pandangan yang berbeda-beda.Tak terkecuali Ketua Bidang Kaderisasi dan Kepemimpinan PP INI, DR. Diah Sulistyani Muladi, S.H., C.N., M.Hum.

Menurut Listy begitu biasa dia disapa, ibu merupakan tonggak penting dalam sebuah keluarga. Terlebih di era modern saat ini, peran ibu tidak boleh hanya pasif di rumah.

“Seorang ibu harus terlibat aktif dalam keluarga, terutama mencegah terjadinya kejahatan. Di era modern saat ini banyak hal yang bisa dilakukan perempuan sebagai ibu,” kata alumni Undip kepada nusantarapos di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Listy menjelaskan saat ini wanita sudah bisa berperan di dalam menjalankan organisasi, partai politik maupun sebagai pejabat pemerintahan (eksekutif, legislatif dan yudikatif).

“Tingkat partisipasi yang lebih tinggi untuk wanita baik di bidang politik (anggota parlemen dan pejabat di birokrasi) dan ekonomi cenderung mengindikasikan bahwa negara tersebut lebih terbuka secara umum, pemerintah lebih transparan dan lebih demokratis,” terangnya.

Peranan ibu, lanjut Listy, sangat strategis dalam keluarga karena melihat peranan ibu dalam kehidupan keluarga modern saat ini. Dengan mobilitas kesibukan yang sangat tinggi baik horizontal maupun vertikal, kehidupan semakin kompleks, manusia semakin sibuk, tantangan hidup yang bersifat konsumtif di luar kebutuhan dasar.

Pengaruh globalisasi akibat perkembangan modern sarana informasi, komunikasi modern, seorang ibu harus berperan aktif mengendalikan anak-anak dari kehidupan modern tersebut.”Ibu berperan memberikan peringatan dini (early warning) terhadap hal-hal yang terjadi pada anak-anak kita,” ujarnya.

Selain tak melupakan perannya sebagai seorang ibu, Listy juga cukup aktif di organisasi besar INI.

“Dalam organisasi tercinta INI, dibawah kepemimpinan Ibu Ketua Umum Ibu Yualita kami bersama sama berjuang untuk mewujudkan peranan wanita yang dapat turut berpartisipasi aktif memberikan sumbangan tenaga dan pikiran untuk anggota INI maupun masyarakat luas agar berguna bagi bangsa dan negara,” tutup alumni PPSA 17 Lemhannas RI tersebut.