Warung Sepi Pembeli, Pasca Penutupan TMMD Reguler Batang

BATANG – Pasca penutupan TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang di Desa Durenombo Kecamatan Subah pada 13 November kemarin oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, warung milik Rohimah (31) warga Rt/Rw. 3 Dusun/Desa tersebut, tampak mulai sepi. Kamis (15/11/2018).

Hal ini mengingat sebelumnya, ratusan prajurit gabungan dari berbagai kesatuan menetap di desa tersebut untuk membangun infrastruktur umum khususnya jalan sepanjang 2.359 meter. Akses baru yang juga akan digunakan banyak warga desa di sekitar Durenombo untuk sarana mengolah lahan, pemasaran hasil bumi, peningkatan pendidikan dan kesehatan terdekat.

Otomatis penurunan omset kini dirasakan Rohimah setelah para prajurit kembali ke kesatuannya masing-masing. Warung yang dulunya menarik warga dengan hadirnya saudara baru mereka, Satgas TMMD serta menjadi tempat nongkrong, main catur, nonton bola, maupun karambol mendadak sepi.

“Sehari-hari warung saya ramai buat ngopi sama Bapak ABRI, sekarang mereka sudah tidak ada. Yah, kembali semula pembelinya warga sekitar. Saat ada TMMD, penghasilan kami meningkat dua kali lipat menjadi 40-50 ribu rupiah, jadi bagi kami kehadiran TNI di desa menjadi berkah dan menambah rezeki orang kecil seperti saya.” cetus Atmaja (36) suami Rohimah. (Aan)