Tahun 2018, Penghimpunan Zakat BAZNAS Naik

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mencatat kenaikan zakat, infak dan sedekah (ZIS) serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) nasional 31,8 persen.

Menurut Ketua BAZ as , Prof Dr Bambang Sudibyo, penghimpunan BAZNAS pusat itu menunjukkan sebuah kegembiraan. Hal itu karena pencapaian yang melebihi target sebesar Rp 203 miliar pada tahun 2018.

Menurut Bambang, meningkatnya jumlah penghimpunan tak lepas dari kinerja menyeluruh mulai dari penghimpun hingga pada penyaluran zakat yang bermanfaat bagi mustahil.

” Program-program penyaluran dari dana zakat tahun ini lebih terukur dengan adanya pendampingan dan monitoring program sehingga mustahil manfaat yang lebih besar,” kata Bambang kepada wartawan di kantornya, Jumat (28/12/2018).

Bambang menjelaskan, pihaknya juga telah berhasil melahirkan 156 warung Z-Mart, empat unit lembaga lembaga keuangan BAZNAS Microfinace Desa ( BMD), empat lumbung pangan, 17 balai ternak, dan 74 titik zakat community development (ZCD).

“Sepanjang 2018, BAZNAS berhasil menyalurkan dana zakat sebesar 89.89 persen. Yang berarti pengelolaan zakat dilaksanakan secara efektif” ujar Bambang.(hdr)