Teringat Satu Prajurit TNI, Ibu di Durenombo Batang Menangis Histeris

oleh -

BATANG – Adalah Nurjanah (40) warga Rt/Rw. 2 Dusun/Desa Durenombo Kecamatan Subah, terlihat menyendiri dan terdiam di ruang tamu dan meneteskan air mata pasca ditelpon salah satu anggota Satgas TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang dari kesatuan Brigif 4 Dewa Ratna, Serda Agus. Kamis pagi (15/11/2018).

Pasalnya ia teringat prajurit TNI tersebut yang mengabarkan bahwa dirinya sudah di satuannya dan persiapan melaksanakan istirahat 3 hari, pasca membangun desa Nurjanah selama 30 hari, sejak 15 Oktober 2018 dan tinggal menumpang di rumahnya.

Mulai dari bangun pagi, pembersihan rumah, memasak dan sarapan, membantu anak-anaknya belajar dan istirahat juga bersama anaknya. Keceriaan selalu mewarnai keseharian keluarganya, namun kini semua sudah tidak ada lagi sejak TMMD resmi ditutup Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, 13 November 2018 dan sorenya Satgas berpamitan dan kembali ke satuan dan keluarga masing-masing dan harus meninggalkannya.

Nurjanah merupakan salah satu dari 22 warga Durenombo yang rumahnya ditempati anggota Satgas. Keakraban dan kebaikan Agus sangat terasa baginya dan sudah dianggap sebagai anak kandungnya. Kehilangan salah satu keluarga barunya, tetapi semua tak akan sirna begitu saja, semua akan berakhir indah. Kini sudah terjalin hubungan emosional antara kedua belah pihak.

“Nek kulo pengene nangis nak pun mireng suarane Mas Agus, ya Alloh Mas. Wau pun nelpon pagi niko Pak, ditelpon kulone nangis sampun kados rayi teng mriki lan larene piyambak.” ungkapnya terisak dengan logat Jawa saat diwawancarai. (Kalau saya inginnya menangis kalau dengar sauaranya Mas Agus, ya Alloh Mas. Tadi pagi sudah nelpon Pak, di telpon sayanya nagis karena sudah seperti saudara disini dan anak saya sendiri – red).

Inilah memang tujuan dari Kasad, Jenderal TNI Mulyono, bahwa selama TMMD Reguler prajuritnya diwajibkan tinggal dan beraktivitas selama satu bulan di rumah-rumah penduduk, tentunya dengan memanfaatkan ULP (Uang Lauk Pauk) yang telah diberikan TNI. Namun karena tugas, maka ada pertemuan pasti ada perpisahan. Nurjanah berharap semoga Agus sehat dan sukses dimana saja bertugas.