Telusuri Penyebab Kerusuhan di Papua, DPR RI Kunjungi Jawa Timur

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Untuk mencari akar persoalan rangkaian peristiwa yang memicu kemarahan masyarakat Papua yang menyebabkan kerusuhan di Papua Barat, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (21/8/2019)

“Hari ini Pak Fadli Zon atas nama Tim Pengawas Otonomi Daerah Papua, Otsus ya, akan berkunjung ke Jawa Timur,” kata Ketua DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Mengenai hasil penelusuran DPR di Jatim, Bambang mengatakan lembaganya akan menunggu tim yang dipimpin oleh Fadli Zon untuk menyampaikan hasilnya. DPR juga tentunya akan berkunjung ke Papua Barat. Yang jelas, DPR akan mencari akar permasalahannya terlebih dulu.

“Nanti kita lihat hasilnya seperti apa. Beliau turun dulu ke sana. Nanti akan menyusul ke Papua karena kita lihat akar masalahnya dulu,” tuturnya.

Bambang mengimbau semua pihak, baik aparat TNI, Polri dan juga masyarakat untuk menahan diri. Pihaknya juga sangat menyesalkan bahwa terjadi sikap diskriminatif dan rasis di Surabaya, Jatim.

Seperti diketahui, kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat yang merembet ke berbagai wilayah di Papua. Peristiwa tersebut dipicu oleh insiden di sekitar asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Comment