Milad ke-100, TK Aisyiyah Muhammadiyah Gelar Seminar Internasional

oleh -35 views

Jakarta, Nusantarapos – Dalam rangka Milad ke-100, TK Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA) Muhammadiyah menggelar Seminar Internasional bertajuk “Elevating Quality of Childhood Educations and Care” di Kampus FKIP UHAMKA Jakarta Timur, Rabu (21/8/2019).

Seminar International bertujuan untuk mengangkat dan mengemukakan keilmuan terkini dan terbaik bagi PAUD. Hadir dalam seminar tersebut Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dalam seminar tersebut, Mendikbud menyatakan bahwa tantangan ibu-ibu pendidik di TK Aisyiyah akan semakin kompleks karena anak usia dini banyak yang sudah mengenal teknologi.

“Tantangan ke depan akan semakin kompleks karena anak-anak sekarang sudah mulai kenal virtual reality dan teknologi digital. Ini sudah menjadi tantangan ke depan untuk Aisyiyah dalam menyiapkan generasi yang baik,” kata Mendikbud saat jumpa pers bersama awak media.

Maka dari itu, menurut Mendikbud, Aisyiyah harus mendidik anak usia dini sesuai dengan kondisi jaman sekarang.

“Artinya bahwa 100 tahun yang lalu, anak-anak yang dididik oleh ibu-ibu Aisyiyah itu tidak sama dengan anak-anak yang sekarang disiapkan oleh ibu-ibu Aisyiyah. Jamannya sudah berbeda. Penting lagi mereka ini akan lahir, akan hidup pada jamannya, bukan jaman dari kita yang mendidik dia. Mereka punya dunia sendiri, jangan bayangkan seperti dunia kita. Ini yang harus kita tekankan menurut saya,” tegas Mendikbud.

Di tempat yang sama, Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Masyitoh Chusnan menjelaskan bahwa Kemendikbud telah mengakui peran Aisyiyah yang kini memiliki 20.000 lembaga PAUD, baik formal maupun non formal.

Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Masyitoh Chusna/foto : Arie

“Nah disitu tentu bervariasi, ada PAUD yang sudah bagus, ada yang pemula. Yang sudah bagus kita jadikan percontohan dan itu menjadi rujukan secara nasional,” papar Masyitoh. (RIE)

Comment