Para Raja dan Tokoh Se-Nusantara Gelar Hari Jadi Perdamaian Nusantara 2019 di Yogyakarta

oleh -184 views
Foto : Srikandi MATRA bersama dengan raja dan sultan se- nusantara, dan tokoh nusantara serta tokoh tokoh internasional dalam penetapan hari jadi Perdamaian Nusantara serta pemberian gelar kerajaan di Grand Mercure hotel, Selasa, (3/9/19), kemarin. (Budi Supriyatno).

Nusantarapos, – Seluruh Raja-Raja dan Sultan-sultan se nusantara dan dihadir semua kanjeng adipati dari berbagai kerajaan, serta semua tokoh-tokoh budaya nusantara di seluruh Indonesia. Mereka berkumpul dalam mendeklarasikan HARI PERDAMAIAN NUSANTARA yg di tetapkan setiap tanggal 3 September tahun ini dan dilaksanakan setiap tahun berikutnya. Dalam Deklarasi Perdamaian Nusantara pertama kali ini dilaksanakan di kampus AMIKOM Yogyakarta dan Grand Mercure hotel Yogyakarta, selasa (3/9/19), kemarin.

“Hari ini (Red-kemarin), kami semua berkumpul di Yogyakarta baik Raja, Sultan, Adipati dan semua Tokoh. Dalam mendeklarasikan perdamaian nusantara,” jelas Agus Subagyo wakil Bupati Wonosobo. Deklarasi ini, kata Agus, sebagai wujud besarnya nilai persatuan dan kesatuan, tanpa ada perbedaan dalam ras, suku dan agama.

“Kita melihat apa yang terjadi selama ini, bahwa tidak ada perpecahan ataupun berbedaan, yang palin utama dan terpenting, walau warna kulit kita berbeda tidak ada perpecahan. kita tetap bersatu dan damai semuanya,” ungkapnya.

Selain Deklarasi Perdamaian Nusantara, lanjut Agus, dilaksanakan pengukuhan kepada pengurus Srikandi MATRA ( Masyarakat Adat Nusantara Jawa Tengah dan Yogyakarta). “Acara ini dilaksanakan di kampus AMIKOM Yogyakarta pada pagi hingga sore hari, kemudian dilanjutkan malam hari dimulai pukul 19.30 WIB di Grand Mercure Hotel Yogyakarta,” terangnya.

Dalam acara tersebut, wakil Bupati Wonosobo, Ir H Agus Subagyo Bsc SP MS.i mendapatkan anugrah gelar KRT Wirosobo Kusumo yang diberikan KGPAA Paku Alam IX AL Haj sebagai tokoh Deklarator. Selain Agus Subagyo, pemberian gelar juga diberikan kepada beberapa tokoh Internasional diantaranya Dr Damain Dematra MIB. FMA. Founder International Festival Group dengan gelar sebagai kanjeng Pangeran. (Bud)

Comment