Gelar Bersih Pantai, Sudin LH Jakut Angkut Sampah 1.179 Kg dari Laut

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2019, Otoritas Kepelabuhanan di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta Utara dengan dibantu Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara melakukan Gerakan Bersih-bersih Laut dan Pantai, Kamis (12/9/2019).

Di Jakarta Utara,  gerakan ini dilakukan di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan di Dermaga JICT II Tanjung Priok. 

Di Pelabuhan Kaliadem, Gerakan Bersih-bersih Laut dan Pantai menerjunkan ratusan personel Lingkungan hidup dengan dibantu dari 14 instansi pemerintahan dan delapan perusahan.

Menurut Kasie Pengawas Kebersihan Sudin Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara, Ceffi Hanafi, dalam melakukan pembersihan pantai dan laut ini di bantu oleh kapal-kapal nelayan.

“Pembersihan dimulai dari tengah laut dengan mengerahkan kapal-kapal nelayan, hingga ke pantai,” jelas Ceffi.

Sementara itu ditempat yang sama, Kasatpel LH Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara,  Haji Matsani, mengatakan, sampah yang dihasilkan dari aksi kali ini mencapai 1.179 kg sampah yang terdiri dari 750 kg sampah pelastik (non organik) dan 429 kg sampah kayu dan lain-lain (organik). 

“Dari semua sampah yang dikumpulkan nantikan akan dibuang ke TPST Bantargebang, Bekasi,”ujarnya.