DPD PDIP Perjuangan Yogyakarta Gelar Pembekalan

oleh -

Yogyakarta, Nusantarapos – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Pembekalan kepada para Pengurus DPD dan DPC serta Wakil Rakyat di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, Minggu (22/9/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Rich Yogyakarta ini dihadiri sejumlah anggota Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP diantaranya Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat, serta Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY Totok Hedi Santosa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan kepada para anggota Dewan dan Pengurus DPC PDI Perjuangan.

“Perlu adanya sinergitas antara anggota Dewan dan Pengurus DPC PDIP dalam melaksanakan sejumlah program kerja di setiap wilayah Kabupaten/Kota maupun Provinsi,” ujarnya.

Totok Hedi menjelaskan, kegiatan ini penting untuk diselenggarakan sebagai salahsatu wujud nyata dari Partai untuk mengakomodir segala sesuatu kepentingan di daerah. Materi dalam Pembekalan kali ini lebih mengangkat tentang nilai-nilai Pancasila yang merupakan ruh dari Partai PDIP, terlebih kepada para anggota DPRD yang berasal dari fraksi PDIP.

“Prinsip perjuangan PDIP adalah mengemban amanah rakyat, oleh karenanya nilai Pancasila harus dikuatkan. Terlebih di Yogyakarta, PDIP merupakan salah satu pendukung dan pengawal UU Keistimewaan Yogyakarta yang akan selalu membangun kebudayaan yang bersumberkan pada nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

Anggota PDIP harus diharapkan dapat lebih merespon cepat terhadap sejumlah isu-isu yang sedang menggeroti persatuan dan kesatuan bangsa seperti aksi intoleran dan radikalisme. Karenanya DPD PDI Perjuangan DIY berkomitmen untuk terus meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) Partai.

“Kader Partai harus lebih diperkuat dan perlu diberikan bekal dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk menjawab problem-problem nyata sosial kemasyarakatan yang merupakan tantangan besar di masa depan,” tutur Totok Hedi saat diwawancara.

Sementara itu Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam pengarahannya mengungkapkan, kader PDIP harus dapat menjadi contoh yang baik bagi kader partai lainnya.

“Kader partai harus menjadi obor penerang, harus dapat memimpin dalam kegelapan bagi masyarakat dan kader harus dapat hadir pada ruang-ruang dimana masyarakat membutuhkan,” ungkapnya.

Hasto juga berharap dengan adanya program pembekalan ini, seluruh kader PDIP khususnya DIY dapat menjadi ahli dalam segala bidang baik bidang sosial atau bidang ekonomi kerakyatan.

“Melalui kegiatan pembekalan anggota Pengurus DPD dan DPC dan DPRD dari PDI Perjuangan diharapkan semua potensi dan aspirasi masyarakat bisa diperjuangkan oleh para wakil rakyat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DPRD,” harap Sekjen DPP PDIP itu. (AKA).