Mobil Keliling Pelayanan Paspor Inovasi Imigrasi Cirebon Menuju WBBM

Cirebon, Nusantarpos -Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon akan melayani permohonan paspor bagi masyarakat dengan mobil keliling yang akan dimulai pada Februari 2019.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Franky Sompie, di sela-sela acara penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon .

“Program ini untuk menyentuh masyarakat secara langsung dengan mendatangi pemohon. Kantor Imigrasi akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk lokasi pelayanan dan juga dengan PT Pos untuk pembayaran serta pengiriman paspor kepada pemohon,” ucapnya, pada Rabu (30/1/2019).

Menurut Ronny Sompie, mobil keliling tersebut akan beroperasi di Kecamatan dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Cirebon. Pemohon paspor juga dapat mendaftar melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO).

Selain itu, kata Ronny Sompie, pemohon paspor cukup datang sekali untuk wawancara dan foto di lokasi yang telah dipilih. Selanjutnya paspor yang sudah jadi akan dikirim ke alamat pemohon paspor.

“Mobil keliling menjadi satu inovasi yang diangkat oleh Kantor Imigrasi Cirebon sebagai cara untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dalam pelayanan permohonan paspor,” tutur Dirjen Imigrasi ini.

Sekedar informasi, pada 2018 Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon meraih predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Ronny Sompie berharap, pada Tahun ini Kantor Imigrasi Cirebon ditargetkan
meningkat predikatnya sebagai Kantor WBBM.