Muhamad Rahul Ajak Anak Muda Riau Tak Apatis Politik

oleh -1.112 views
Muhammad Rahul (Indopolitika)
Muhammad Rahul (Indopolitika)

Jakarta, NusantaraPos – Pemuda merupakan aktor penggerak perubahan zaman. Sebab setiap perubahan besar di Indonesia selalu dimotori oleh angkatan muda. Pernyataan ini disampaikan tokoh pemuda Riau, Muhamad Rahul.

“Merujuk pada Undang-undang Kepemudaan, yang dikategorikan sebagai pemuda mulai dari 17 tahun hingga 30 tahun. Artinya Indonesia sedang mengalami fase jumlah penduduk muda lebih banyak dibandingkan dengan kategori usia lainnya,” ujar Rahul, Senin (4/2/2019).

Pemuda, kata Rahul, juga punya peran strategis untuk kemajuan daerah. Selain kuantitas yang besar, akses informasi yang mudah, serta semangat yang membara, turut menjadi bekal.

“Kelebihan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Salah satu yang harus ditekankan pada anak muda adalah keaktifannya di tengah masyarakat yang begitu apatis dan kurang peduli pada urusan politik,” tuturnya.

Keaktifan dan kepedulian ini ditunjukan lewat upaya membangun iklim bersahabat di media sosial. Caranya dengan tidak langsung menyebarkan informasi yang belum jelas kebenaranya, juga terus memberikan evaluasi atas kebijakan pemerintah daerah maupun pusat.

“Tentunya dengan cara yang sopan dan membangun,” ucap politisi muda Gerindra.

Rahul sendiri selama beberapa bulan terakhir berkeliling dari satu daerah ke daerah lain, yang tak jarang dirinya berdialog dengan para pemuda dan memberikan masukan agar mereka bisa turut aktif dalam urusan politik. Sebab pemuda memiliki banyak corong aspirasi yang bisa dimanfaatkan, terutama untuk mengkritisi atau memberikan saran atas kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan kebutuhan rakyat.

“Pemuda harus aktif dan peduli dalam menyikapi tahun politik, karena lewat mereka lah masyarakat bisa berkeluh kesah, jika hilang semangat itu, maka hancurlah masa depan kita,” tandas calon anggota DPR RI daerah pemilihan Riau I.

Senada, Makhsus, tokoh pemuda Pekanbaru, menilai penting peran pemuda dalam pembangunan. Lebih lanjut, ia mengapresiasi semangat Rahul melibatkan pemuda dalam pembangunan Riau.
Sebagai seorang tokoh muda berpengaruh, Rahul pun dinilai gemar menyebarkan semangat pada anak muda untuk berani berbuat, berkarya, berpendapat, dan tidak ikut-ikutan.

“Hampir disetiap kunjungan Bang Rahul selalu berdialog dengan anak muda dari beragam kalangan, pesannya sederhana ‘Untuk membangun Riau dibutuhkan anak muda yang aktif dan berani berbuat’,” tandasnya. (RK)