Dukung Pariwisata Kampar, Pemerintah Diharapkan Bangun Infrastruktur

oleh -1.051 views
Muhammad Nasir (Indopolitika)
Muhammad Nasir (Indopolitika)

Jakarta, NusantaraPos – Beberapa waktu terakhir pariwisata Kabupaten Kampar, Riau dinilai mulai menggeliat. Beberapa objek wisata baru muncul dan mampu menjadi magnet bagi wisatawan bukan hanya asal Kampar dan sekitar, bahkan dari luar negeri.

“Meski tidak sepopuler Pekanbaru, tetapi sektor pariwisata di Kampar tidak kalah memikat wisatawan,” ujar tokoh Riau Muhamad Nasir, Selasa (5/2/2019).

Pemerintah Kabupaten Kampar, kata Nasir, harus mampu menangkap potensi tersebut. Mereka diharapkan bertindak cepat, salah satunya berkoordinasi dengan kementerian terkait, dan menjalin komunikasi dengan para pengusaha nasional untuk pengembangan lokasi pariwisata.

“Sektor pariwisata bagi suatu daerah pasti menjadi daya tarik orang untuk berkunjung. Jika penataan di sektor pariwisata Kampar maksimal, maka sudah pasti banyak memikat pengunjung datang ke Kampar,” tuturnya.

Kampar sendiri sebelumnya memiliki objek wisata unggulan, antara lain Danau PLTA Koto Panjang dan puncak bukit Ulu Kasok. Pada Danau PLTA Koto Panjang, pengunjung bisa menikmati keindahan pulau-pulau yang disebut mirip Raja Ampat, Papua. Sementara puncak bukit Ulu Kasok menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Jika potensinya dioptimalkan dan dikombinasikan dengan objek pariwisata anyar, Nasir yakin sektor ini membantu meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) pemerintah daerah.

“Sekaligus membantu geliat ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Di samping itu, politisi Partai Demokrat juga yakin sektor pariwisata jika dikembangkan mampu menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga kesejahteraan masyarakat pun meningkat.

Guna mewujudkan cita-cita ini, pemerintah diharapkan fokus pada pembangunan infrastruktur penunjang, seperti aksesibilitas.

“Masih banyak objek wisata yang terkendala, hal ini karena masih mengandalkan swadaya masyarakat untuk membuka jalan menuju lokasi. Di sinilah peran pemerintah harus hadir, infrastruktur sebagai penunjang harus dibangun dengan serius sehingga pariwisata Kampar mampu bersaing dengan daerah lain,” tandas calon anggota DPR RI daerah pemilihan Riau II. (RK)

Comment