Wakil Ketua DPD RI: Saat Ini Indonesia Lakukan 5 Transformasi Besar

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan, semangat otonomi daerah terjadi karena, arus reformasi 98.

” Saat ini Indonesia tidak hanya sekedar melaksanakan reformasi atau perubahan dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Namun ada 5 hal transformasi besar yang terjadi,” kata Nono dalam dialog Kenegaraan bertema “DPD RI dan Otonomi Daerah dalam bingkai NKRI” di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (23/10/2019). 

Pertama, terjadi perubahan Orde Baru dari sistem yang bernuansa otokrasi menjadi lebih  demokrasi. Kedua, sistem pemerintahan yang tadinya sentralisasi menjadi desentralisasi sehingga melahirkan otonomi daerah. Keempat, ekonomi yang berhubungan dengan luar negeri. Kelima, masalah pendekatan keamanan menjadi pendekatan hukum.

“Inilah transformasi besar  di era reformasi ini kita jalankan,” paparnya.

Terkait otonomi daerah, sambung Nono, merupakan perjalanan reformasi. Dan saat ini otonomi daerah juga masih belum sempurna. Oleh karena itu ke depan otonomi daerah jangan  setengah hati. Derah diberikan kewenangan yang cukup agar persoalan daerah diselesaikan oleh daerah sendiri.

“Jadi artinya, negara ini bisa kuat kalau daerah itu maju dan sejahtera dan ini menjadi point penting bagaimana DPD hadir dalam sistem ketatanagaraan,” tegasnya.