Jasa Marga Properti Bangun 31 Rest Area dengan Total Biaya 1,2 Triliun

oleh -

Jakarta, NusantaraPos – Anak Usaha PT Jasa Marga (Persero) yakni PT Jasa Marga Properti (JMP) menganggarkan dana Rp 4 juta per meter untuk pembangunan 31 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area di tol Trans Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Dana tersebut berasal dari induk PT Jasa Marga Tbk dan hingga saat ini total biaya pembangunan mencapai Rp 1,2 Triliun. TIP ini dioperasikan pada akhir April 2019.

“Untuk nilai investasi di rest area beragam, tergantung luasan yang kita bangun. Kita anggarkan 4 juta per meter persegi. Kalau ada rest area yang luasnya 3000 meter kalikan saja 4 juta,” kata Tita Paulina Purbasari selaku Direktur Teknik Jasa Marga Properti saat jumpa pers di Green Terace TMII Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Dari total 31 TIP, sebanyak 27 berada di Trans Jawa yaitu di Tol Purbaleunyi, Palikanci, Batang-Semarang, Solo-Nganjuk, Pandaan-Malang, Mojokerto-Surabaya, Gempol-Pasuruan dan Ngawi-Kertosono.

Sedangkan 4 TIP lain dibangun di Kualanamu-Tebing Tinggi, Balikpapan-Samarinda dan Manado-Bitung.

TIP tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas mushala, toilet, ruang istirahat, minimarket dan pujasera. Sedangkan untuk SPBU, hanya tersedia di beberapa TIP tertentu.

“Untuk SPBU tersedia di TIP pusatnya. Kami sudah bekerjasama dengan Pertamina retail,” terang Direktur Keuangan dan Pengembangan PT JMP Dian Takdir Badarsyah. (RIE)