Hari Pahlawan, Dandim 0703 Cilacap Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Surengrono

oleh -

Cilacap – Peringati Hari Pahlawan, Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E. M.Tr (Han) bersama Forkopimda Kabupaten Cilacap melaksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Surengrono, Desa Tritih Lor Kecamatan lJeruklegi Kabupaten Cilacap, Minggu (10/11/2019) pagi.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh unsur Forkopimda setelah sebelumnya memperingati Hari Pahlawan di Lapangan Jatipersada Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini diikuti oleh segenap unsur TNI-Polri, PNS, Pemda Cilacap, Linmas, Pramuka serta para Pelajar.

Dandim tiba beberapa menit sebelum upacara dimulai. Selain itu, tampak hadir sejumlah unsur Forkopimda antara lain Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, SIK, Sekda Drs.Farid Ma’ruf, Ketua Pengadilan Agama Drs Saefuddin Turmudzy, S.H., M.H. dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Diawali dengan penghormatan, menghening cipta untuk mendoakan para arwah Pahlawan. Dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga kehormatan di Tugu Makam Pahlawan, dan dilanjutkan dengan tabur bunga di Makam Pahlawan yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Selepas kegiatan tersebut Dandim Letkol Inf Wahyo Yuniartoto menuturkan, bahwa kegiatan ziarah dan tabur bunga ini untuk mengenang jasa para Pahlawan sekaligus bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

” Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat menjadi inspirasi dan bahan perenungan bagi para generasi bangsa dalam mengisi kemerdekaan ini dengan kemampuan yang dimiliki,” tuturnya.

Selain itu melalui ziarah dan tabur bunga ini, juga diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

” Nilai-nilai ini yang harus kita jaga  dalam rangka meneruskan cita-cita perjuangan para Pahlawan  sekaligus menjadi warisan luhur kepada anak-anak cucu bangsa Indonesia yang tidak boleh punah dimakan zaman,” Pungkasnya. (Urip_Pendim0703)

Comment