Jarang Disambangi, Air Terjun Sukaemi Butuh Perhatian dari Pemerintah

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Memiiki ketinggian hampir 100 meter dikelilingi panorama hijau nan asri, air terjun Sukaemi merupakan salah satu yang konon masih perawan bahkan tertinggi di Kabupaten Lampung Utara.

Secara geografis air terjun Sukaemi berada di perbukitan yang terletak di Desa Suka Sari, Kecamatan Tanjung Raja dan hanya berjarak 42 kilometer dari pusat Kabupaten Lampung Utara.

Karena Air Terjun Sukaemi dalam kondisi masih perawan dan belum banyak disambangi masyarakat, membuat air terjun ini masih sangat alami, sejuk dengan kondisi air yang jernih, yang bersumber dari perbukitan Sungai Way Gendot yang memiliki aliran yang cukup deras mengalir ke hilir melewati bebatuan yang tersusun oleh alam

Tak hanya itu, pemandangan disekitar air terjun juga sungguh menawan, dikelilingi tebing yang tertutup oleh semak dan pohon besar berwarna hijau menjadikan suasana begitu indah dipandang. Begitu juga dibagian bawah air terjun terdapat kubangan yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk mandi atau sekedar bermain air.

Menurut Kepala Desa Suka Sari, Sarceng, Air Terjun Sukaemi memiliki ketinggian berkisar 80 meter dan terletaknya di dusun 01 Cirebon Desa Suka Sari. “Dari dusun 01 Cirebon, ya kurang lebih 10 menit ke lokasi air Terjun itu,” ungkap Sarceng.

Sebelumnya Dinas Pariwisata, sambung Sarceng pernah memantau lokasi Air terjun. “Waktu itu dari Dinas Pariwisata pernah ngecek kelokasi, bahkan mereka bilang akan berupaya untuk mempromosikan dan mencari bantuan ke pusat guna memaksimalkan Air Terjun Sukaemi untuk menjadi salah satu objek wisata di Lampung Utara,” katanya. (RH)