Peringati Hari HAM, PERADI se-DIY Gelar Konsultasi Hukum Gratis

oleh -

Yogyakarta,Nusantarapos.co.id – Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Konsultasi Hukum Gratis bagi masyarakat DIY yang tidak mampu di Gedung DPRD Yogyakarta, Sabtu (14/12).

Kegiatan yang bersifat sosial ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh pada 10 Desember 2019 yang lalu dan bersifat Probono (cuma-cuma).

Ketua Panitia Konsultasi Hukum Gratis DPC Peradi se- DIY Suki Ratnasari mengatakan, kegiatan ini menyasar masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan keadilan.

“Kami ingin memfasilitasi warga kurang mampu agar bisa mendapatkan akses keadilan yang mereka butuhkan, karena mereka (warga kurang mampu)pun berhak atas hak hukum yang sama,” ujar Suki Ratnasari.

Suki menjelaskan, hari ini disediakan sekitar 100 orang advokat dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) se-DIY untuk membantu seluruh keluhan atau kasus yang dialami oleh masyarakat. Keluhan yang diterima sebisa mungkin akan dibantu dalam hal mencari solusi terbaik.

“Keadilan merupakan hak setiap warga negara, baik kaya atau miskin dan dijamin serta dilindungi oleh undang-undang. Sejatinya adalah hukum harus berdiri tegak lurus tanpa pandang bulu, sesuai dengan prinsip equality before the law (kedudukan yang sama dimata hukum),” jelasnya.

Sementara itu Ketua Pusat Bantuan Hukum PERADI Pusat Togar SM Sijabat mengungkapkan, diluar profesi mulia sebagai OFFICIUM NOBILE (profesi terhormat), advokat juga sebenarnya mempunyai fungsi social.

“Fungsi sosial advokat salah satunya yaitu membantu masyarakat yang tidak mampu untuk memperjuangkan dan mengakses keadilan yang mereka butuhkan,” ungkapnya.

Togar melanjutkan, kegiatan yang merupakan gerakan nasional ini adalah cara pengabdian para advokat kepada masyarakat. Konteks advokat selalu identik dengan profesionalisme dan itu menjadi hal yang cukup di masyarakat kurang mampu.

“Berkonsultasi dengan kami peluang untuk membela hak-hak masyarakat dapat lebih besar karena para advokat dapat mengetahui detail dari perkaranya sejak awal. Bagi kami bila penyelesaian bisa dilakukan pada tahap awal justru lebih baik,” lanjutnya.

Togar berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya karena inilah cara advokat hadir dan ada untuk masyakat sebgai bentuk pengabdian.

“Hari ini ratusan advokat ini ingin berbakti, dan ini kesempatan yang baik, maka marilah datang dan manfaatkan peluang yang baik ini untuk berkonsultasi tentang perkara atau kasus yang sedang dialami,” harap pria asal Medan Sumatera Utara itu.

Kegiatan Konsultasi Hukum Gratis bagi masyarakat DIY ini dimulai pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dan telah terdaftar puluhan masyarakat yang ingin berkonsultasi hukum. (AKA).