Polsek Yapen Selatan Tanam Pohon

Jayapura, Nusantarapos.co.id – bertempat di Mapolsek Yapen Selatan Polres Kepulauan Yapen telah dilaksanakan penanaman Pohon. Kegiatan dipimpin langsung Wakapolsek Yapen Selatan Iptu T. Payungalo.

Penanaman pohon di lingkungan instansi Polri, merupakan instruksi Kapolri untuk menghijaukan lingkungan. Penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah berbagai bencana alam. Salah satu tujuannya untuk mencegah banjir, tanah longsor, serta mengurangi polusi yang memberikan efek positif bagi manusia.

Wakapolsek Yapen Selatan Iptu T. Payungalo mengatakan kegiatan ini bukan merupakan kegiatan serimonial belaka namun akan sangat berguna dan bermanfaat bagi anak cucu kita. Jenis pohon yang ditanam adalah pohon yang memiliki oksigen tinggi sehingga memiliki manfaat dalam rangka menjaga kelestarian alam.

Adapun jenis pohon yang ditanam yakni durian, Mangga, Pinang dan Pohon Pucuk merah. Ada beberapa manfaat yang terkandung didalam tanaman tersebut merupakan tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menyerap CO2 sehingga memberikan kesejukan udara, Mencegah longsor di daerah perbukitan, Menyimpan cadangan air di musim kemarau dan sebagai pagar tanaman hidup.

Kami berharap dengan gerakan peduli lingkungan ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat di tanah Papua khususnya di Kabupaten Kepulauan Yapen, agar lingkungan menjadi asri dan daya serapan air semakin tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir.