Ketua Umum PKB Cak Imin Resmi Buka Temu Parpol Dunia CDI

oleh -

Yogyakarta,Nusantarapos.co.id – Executive Committee Meeting Centrist Democrat International (CDI) atau pertemuan pimpinan politik Internasional resmi digelar pada pagi ini, Kamis, 23 Januari 2020.

Dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar di Hotel Hyaat Yogyakarta, Kamis (23/1).

“Kami merasa senang dan terhormat ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Executive Committee Meeting Central Democratic Internasional (CDI) dan terkhusus diselenggarakan di Yogyakarta,” ujar Abdul Muhaimin Iskandar.

Muhaimin mengucapkan selamat datang bagi para seluruh delegasi yang terdiri dari Pimpinan CDI, Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban dan Presiden CDI Andreas Pastrana yang sekaligus Mantan Presiden Colombia.

“Dengan kehadiran para petinggi CDI diharapkan dapat merumuskan satu kesepakatan terkait dengan peluang dan tantangan yang akan muncul dari bergulirnya proses pembentukan tata dunia yang baru perpaduan Eropa dan Asia,” jelasnya.

Menurut Muhaimin, PKB sebagai partai politik terbesar di Indonesia sangat menghargai multikultural, mulai dari keragaman tradisi hingga budaya. Dengan semangat perbedaan itu seluruhnya dapat diikat dalam bingkai persatuan, kesatuan dan tata pemerintahan.

“Mengambil contoh Yogyakarta, dimana seluruh suku dan etnis ada di kota ini namun mereka semua dapat hidup berdampingan tanpa ada gesekan, baik secara kehidupan bersosial maupun berbudaya,” tutur pria yang kerap disapa Cak Imin itu.

CDI merupakan wadah dari organisasi yang mewadahi partai-partai berhaluan tengah dari seluruh dunia. Tercatat sudah ada 151 partai bergabung ke dalam CDI. Di Eropa, partai-partai anggota CDI berhasil memimpin politik di berbagai negara, seperti Hungaria, Jerman, Austria, Belgia dan negara lainnya.
Executive Committee Meeting Centrist Democrat International (CDI) yang melibatkan pimpinan partai politik, tokoh agama, akademisi dan para pembuat kebijakan akan berlangsung hingga tanggal 25 Januari 2020 dengan sejumlah agenda kegiatan.

Kegiatan tersebut di antaranya pertemuan politik Divisi Eropa CDI yaitu Partai Rakyat Eropa (EPP), Diskusi Panel dengan sejumlah pimpinan politik dalam naungan CDI dan ditutup dengan mengunjungi UNESCO World Heritage yaitu Candi Prambanan. (AKA).