Pesta Adat Reba Warga Beiposo Syukuran Misa Bersama

oleh -

Ngada, Nusantarapos.co.id – Warga masyarakat Kampung Beiposo Desa Beiwali, kecamatan Bajawa kabupaten Ngada, Menggelar Misa Syukuran pesta Adat Reba,(Sabtu) 25/01/2020. Pesta Reba adalah sebagai bentuk Syukuran atas hasil panen Kepada leluhur orang Beiposo .

konon cerita leluhur orang Beiposo datang dari Hindia dengan menempuh jarak yang cukup jauh,dengan Hanya berbekal uwi sejenis ubi ubian,yang sekarang masih sangat di pertahankan oleh warga kampung Beiposo.

Upacara adat Reba hanya di laksanakan satu kali dalam setiap Awal tahun Tanggal 25 januari sebagaimana yang sudah di tetapkan dalam tradisi adat orang Beiposo.

Anggota DPRD provinsi NTT Patris Laliwolo, Dari partai PDIP Beiposo, Ke tika di temui media di Acara Reba mengatakan,ia sebagai wakil rakyat mengucapkan selamat berpesta adat Reba juga meminta kepada generasi Muda Beiposo,agar selalu mempertahan dan terus menjaga tradisi Reba.

” Kedepan saya akan terus berjuang untuk terus meminta pemerintah, untuk menjadikan tradisi budaya reba sebagai warisan budaya Dunia,karena Reba di seluruh Indonesia hanya ada di Bajawa, khususnya Kampung Beiposo,dan kampung lainnya di kabupaten Ngada ini,” tandasnya.

Hadir dalam perayaan syukuran pesta adat Reba,Ketua DPRD Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu ,Anggota DPRD provinsi NTT ,Patrianus Laliwolo, Kapolres Ngada AKBP Andhika Bayu Adihttama,S I K Mh,Pasi Intel Kodim 1625 Ngada,Kapten InfDaniel Sine Dan pejabat mewakili Bupati Ngada,Hironimus Reba Watu,(EB)