DIBUKA OLEH WAPRES RI, IPEX 2020 TURUT DIMERIAHKAN ALIANSI PENGEMBANG PROPERTI NASIONAL

oleh -

JAKARTA – Indonesia Property Expo (IPEX) 2020 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center turut dimeriahkan oleh beberapa Organisasi Pengembang Properti Nasional diantaranya, Appernas Jaya, Apersi, Himperra dan REI.

IPEX merupakan pameran properti terbesar yang diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun ke-70 Bank BTN yang akan digelar pada tanggal 15-23 Februari 2020.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri ATR/PPN Sofyan Djalil, Wakil Menteri BUMN 2 Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Pahala Nugraha Mansury.

 

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengingatkan kepada seluruh pengembang properti Nasional dan pihak Bank BTN agar dapat memperhatikan ketersediaan air bersih dan sanitasi agar dapat mencegah stunting di Indonesia.

“Saya minta ke BTN untuk tidak mencairkan kredit sebelum sistem air bersih dan sanitasi belum berfungsi dengan baik,” ujar Ma’ruf Amin di gedung JCC, Jakarta, Sabtu (15/02/2020).

Ma’ruf mengaku bangga karena program 1 juta rumah yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam 5 tahun terakhir sekitar 70 persennya telah berhasil dinikmati oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

“Ke depan kami berharap sektor MBR non-formal dapat lebih banyak lagi yang memiliki hunian dan rumah. Dengan demikian itu tidak hanya berdampak pada pertumbuhan ekonomi, tapi bisa ke pemarataan kebahagiaan dan kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Senada dengan hal itu, Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Appernas Jaya Risma Gandhi yang ditemani oleh M Efendi selaku Ketua DPD Appernas Jaya Jawa Barat, mengatakan bahwa dalam hal ini Appernas Jaya sangat mendukung dan mengapresiasi program Indonesia Properti Expo 2020 yg di canangkan oleh Bank BTN.

“Kami sangat antusias dengan gelaran acara ini. Namun demikian sebagai pelaku langsung properti, kami perlu satu mekanisme analisa perbankan untuk user MBR agar dibuat lebih simple sehingga tidak hanya fix income yg memiliki peluang lebih besar tapi menyentuh semua kalangan, terlebih dengan analisa sentralisasi ke kanwil itu juga menjadikan proses analisa lebih lama. Semoga dengan adanya KPR milenial yang baru saja dilaunching dapat membawa angin segar bagi kita semua,” pungkas Risma kepada awak media PropertiTV disela-sela-sela acara kunjungan ke stand Indonesia Property Expo (IPEX) 2020. (R.Gobriz/Adi).