Gubernur DIY: Cegah Corona, Tidak Perlu Borong Masker

oleh -

Yogyakarta,Nusantarapos.co.id- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengungkapkan tidak perlu menggunakan masker untuk menghindari virus corona.

“Bila kita merasa sehat dan baik-baik saja tidak usah memakai masker untuk mencegah virus corona tipe baru (Covid-19) dan tidak perlu memborong masker,” ujar Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kompleks Kepatihan, Kamis (5/3).

Sultan menjelaskan, pemakaian masker diperlukan bila merasakan gejala-gelaja terpapar virus corona seperti demam, flu dan batuk. Bila memang merasakan itu cepat periksakan ke rumah sakit terdekat.

“Jadi bukan karena takut kena corona jadi pakai masker, kalau memang sehat ya sudah tidak perlu pakai masker, tidak apa-apa kok,” jelasnya.

Informasi tentang habisnya stok masker di wilayah DIY juga mendapat tanggapan dari orang nomer satu di DIY tersebut.
“Tidak perlu memborong masker dan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer secara berlebihan di apotik atau toko obat,” tutur Ngarsa Dalem.

Sultan mengimbau seluruh warga DIY untuk tenang dan tidak melakukan aksi apapun terkait dengan berita masuknya wabah virus corona di Indonesia.

“Saya imbau warga tenang dan tunggu instruksi selanjutnya dari Pemerintah terkait dengan penanganan virus corona di DIY. Semua tenang tidak usah panik dan gegabah melakukan aksi borong,” imbau Raja Keraton Yogyakarta itu.

Sementara itu Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, dengan memborong masker dan sanitizer merugikan orang lain yang membutuhkan.

“Bila masker habis diborong, nanti yang memang benar membutuhkan kesulitan mendapatkannya. Tidak usah memborong, malah akan merusak harga dipasaran,” tuturnya.

Baskara Aji menambahkan, bila memang benar-benar terjadi kelangkaan masker, maka akan memerintahkan Dinas Kesehatan DIY untuk dapat mencari stok yang ada.
“Bila memang ketersediaan habis maka dinas kesehatan akan menghubungi perusahaan-perusahaan atau bekerja sama dengan Kemenkes untuk memberikan stok khusus. Tapi sekali lagi jangan diborong, borong ko masker,” tambahnya. (AKA).