Nelayan Dampo Awang Bangkit Rembang Dukung Pilkada Serentak Aman dan Damai

oleh -

Jakarta, NusantaraPos – Nelayan di Kabupaten Rembang bersedia mencari ikan sampai ke perairan Natuna di Provinsi Kepulauan Riau. Selain mencari rezeki, upaya ini guna membantu pemerintah menjaga kedaulatan wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di kawasan tersebut.

Pemerintah diketahui mendorong para nelayan untuk mencari ikan di perairan Natuna, guna membantu menjaga wilayah tersebut. Upaya ini dilakukan setelah adanya permintaan dari para nelayan untuk melaut di kawasan itu.

“Kami nelayan di Kabupaten Rembang sangat mendukung program pemerintah menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Ketua Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit, Suyoto, Jumat (20/3/2020).

“Seperti program pemerintah yang mendorong nelayan untuk melaut di Natuna” imbuhnya.

Suyoto mengaku, pihaknya sangat antusias berburu ikan hingga Natuna. Terlebih apabila ada jaminan keselamatan dari pemerintah.

Di samping meminta jaminan keamanan, ia pun berharap pemerintah memberikan kebijakan khusus mengenai harga bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan yang bersedia ke Natuna.

Mereka juga ingin adanya kepastian jika nelayan setempat tak merasa tersinggung dengan kehadiran nelayan dari Pantura, mengingat sebelumnya nelayan lokal diketahui tak menerima kehadiran nelayan dari luar daerah.

“Bahkan bukan hanya di Natuna saja, kami siap mencari ikan di mana pun, karena laut kita sangat luas. Kami siap saling bekerja sama antar nelayan demi kemajuan dan kedaulatan NKRI,” tutur Suyoto.

Lebih lanjut, pemerintah juga diharapkan membantu nelayan atau pelaku usaha perikanan cantrang di Kabupaten Rembang. Khususnya kepada mereka yang izinnya telah habis.

“Untuk nelayan atau pelaku usaha perikanan cantrang yang surat izinnya telah habis, kami berharap kepada pemerintah untuk segera mengambil tindakan, karena ini tuntutan perut,” kata dia.

“Apalagi sebentar lagi lebaran dan ada pilkada serentak,” imbuh Suyoto.

Sebagai timbal-balik, mereka mendukung pemerintah dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, agar berlangsung sukses, lancar, aman, damai dan kondusif. Sehingga kemaslhatan pemilu diraih oleh semua pihak, tak terkecuali para nelayan.

“Kami seluruh nelayan Kabupaten Rembang yang tergabung dalam Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit dan Aliansi Nelayan Nasional Indonesia (ANNI), bersama aparat keamanan dan jajaran pemerintah lainnya, siap mendukung pilkada serentak dan menjaga kondusifitasnya keamanannya, terutama di wilayah Kabupaten Rembang,” tandas Suyoto yang juga Ketua ANNI.