RSPAU dr. S. Hardjolukito Siap Rawat Pasien Covid 19 DIY

Yogyakarta,Nusantarapos.co.– Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr. S. Hardjolukito melakukan persiapan yang matang untuk menjadi rumah sakit rujukan pasien positif virus corona atau Covid 19 di DIY.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau RSPAU dr. S. Hardjolukito guna memastikan segala persiapannya.

Kunjungan tersebut adalah bentuk upaya untuk memastikan terdapat SDM, alat kesehatan, sarana dan prasarana serta daya tampung rumah sakit.

Gubernur DIY merasa perlu menjamin dan memastikan pasien positif Covid – 19 mendapatkan perawatan yang cepat dan maksimal sehingga pasien bisa pulih dengan segera.

Humas RSPAU dr. S. Hardjolukito, Letkol Agung mengungkapkan, RSPAU dr. S. Hardjolukito menyediakan gedung tiga lantai dengan kapasitas kurang lebih 151 pasien.

“Nantinya gedung tersebut akan benar-benar disiolasi untuk memaksimalkan perawatan pasien positif Covid 19,” ungkapnya di RSPAU dr. Hardjolukito, Senin (23/3).

Terkait kesiapan, Agung mengungkapkan, RSPAU dr. S. Hardjolukito telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY guna melengkapi segala fasilitas yang diperlukan.

Sementara itu, untuk SDM sendiri, nantinya akan ada kerjasama dengan pihak lain yang di tunjuk oleh Dinas Kesehatan DIY.

Hal tersebut karena dibutuhkan SDM yang banyak dan berkualitas mengingat perawatan pasien Covid – 19 ini memerlukan perhatian dan penangan ekstra.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, pihaknya sedang menunggu dari Pemda DOIY terkait kapan bisa resmi beroperasi menangani pasien positif Covid 19.

“Saat ini Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito sedang melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Pemda DIY. Setelah itu baru ada gambaran kapan bisa di mulai. Tapi dipastikan akan ssegera beroperasi, mengingat kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan semakin tinggi,” jelas Agung.

Agung mengungkapkan, RSPAU dr. S. Hardjolukito berharap pihaknya mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat DIY dalam menangani wabah Covid 19.

Melalui kontribusinya, RSPAU dr. S. Hardjolukito berharap bisa memberikan manfaat bagi pasien-pasien yang yang memang harus di rujuk ke rumah sakit tersebut. Hal itu juga sebagai antisispasi apabila jumlah peningkatan masyarakat yang terpapar Virus Corona meningkat.

“Kalau nanti semakin banyak pasien terpapar Corona, pasti akan sangat susah bagi mereka untuk mencari tempat fasilitas kesehatan, untuk itu kami berharap bisa membantu pemerintah dalam hal penanganan tersebut,” harap Agung.

Terkait tanggapan Sri Sultan, Agung mengungkapkan, Gubernur DIY merasa puas dengan kesiapan yang telah di upayakan oleh RSPAU dr. S. Hardjolukito.

“Beliau (Sri Sultan) menaruh harapan yang tinggi untuk kami bisa berperan aktif merawat dan menangani pasien Covid – 19,” ujarnya.

Sultan juga menyempatkan diri untuk meninjau ke ruangan-ruangan yang nanti akan digunakan untuk isolasi pasien Covid 19.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Sri Sultan didampingi oleh Wagub DIY, Danrem 072/Pmk, Kabinda DIY, Kabid Dokkes Polda DIY, Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM, serta jajaran pejabat Forkopimda DIY.

Turut menyambut Gubernur DIY, Danlanud Adisutjipto, Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito, Ka Komite Medik RSPAU, Katim Siaga Corona RSPAU, serta jajaran dokter RSPAU dr. S. Hardjolukito. (Aka).