Cegah Covid-19, Polda DIY Lakukan Giat Penyemprotan Disinfektan

oleh -

Yogyakarta,Nusantarapos.co.id – Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah area publik dan jalan utama di Yogyakarta, Selasa (31/3).

Penyemprotan ini mengerahkan sejumlah kendaraan taktis yang terdiri dari Armored Water Canon (AWC) dan Patroli Pengawal.

Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh wilayah hukum Polda DIY.

“Kami lakukan serentak di empat kabupaten dan satu Kota di DIY, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus corona,” ujar Kombes Pol Yulianto.

Yulinato menjelaskan, untuk giat serentak ini Polda DIY dan seluruh jajaran menerjunkan belasan kendaraan taktis water canon disejumlah titik yang belum tersentuh penyemprotan disinfektan.

“Hari ini memang sengaja kami kerahkan belasan kendaraan taktis seluruh jajaran mulai dari Brimob hingga Polres dan Polresta di DIY,” jelasnya.

Selain itu dikerahkan juga beberapa kendaraan double cabin yang sudah dimodifikasi dengan mesin penyemprotan seperti dimiliki Ditpolair, Brimob dan Ditlantas.

Kegiatan yang masuk dalam Operasi Aman Nusa II Progo 2020 ini juga melibatkan TNI dan sejumlah isntasni terkait seperti Pemadam Kebakaran.

“Giat ini dimaksudkan upaya dari Polri bersama jajaran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Yogyakarta,” jelasnya.

Yulianto mengungkapkan, untuk melangsungkan kegiatan yang berskala besar dan masif ini, Polda DIY telah menyampaikan kepada seluruh masyarakat DIY melalui media sosial resminya.

“Agar masyarakat tidak kaget dan merasa terganggu, maka beberapa hari lalu telah kami sampaikan giat ini melalui medsos resmi kami, Intinya agar masyarakat juga ikut perduli akan wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Menurut Kabidhumas, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di wilyah DIY akan tetapi diseluruh Indonesia.

“Kapolri Jenderal Idham Azis menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kepolisian dengan melibatkan seluruh potensi yang ada untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak hari ini,” tutur Kombes Pol Yulianto.

Kegiatan penyemprotan untuk wilayah hukum DIY dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar dengan memantau jalannya penyemprotan. (AKA).