Ada 456 Ribu Tambahan Pemilih Pemula,Pilkada Diundur

Mendagri: Tito Karnavian

NUSANTARAPOS,JAKARTA,- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan data tambahan pemilih pemula sebanyak 456.256 orang kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk digunakan pada pemilihan kepala daerah(Pilkada)yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2020,Sabtu(20/06/2020).

Mendagri,Tito Karnavian menjelaskan jika data pemilih pemula tambahan untuk melengkapi data penduduk pemilih potensial pemilu(DP4)yang sudah diserahkan ke KPU.

“Pada bulan Januari, Kemendagri menyerahkan data DP4 sebanyak 105,3 juta jiwa dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada,data tersebut terdiri dari 52,7 juta jiwa laki-laki dan 52,6 juta perempuan”jelas Tito

“Saat ini,tambahan DP4 yang diserahkan sebanyak sebanyak 456.256 jiwa,sehingga total DP4 untuk Pilkada 2020 mencapai 105,8 juta jiwa,” detilnya.

Lebih lanjut,Tito menambahkan bahwa data tersebut semoga melengkapi data sebelumnya yang telah diserahkan ke KPU sehingga dapat dimanfaatkan sampai pada penetapan DPT.

“Adanya penundaan jadwal,dari rencana September ke Desember,karena adanya penambahan pemilih baru yang mempunyai hak suara karena penambahan usia”tuturnya pada Nusantarapos.co.id

Mendagri pun berharap pemanfaatan data terkait hanya untuk keperluan penyelenggara dalam menyusun daftar pemilih tetap(DPT)dalam pilkada.
“Kita jaga kerahasiaannya,ini menyangkut privasi yang harus kita comply karena rule of law dalam prinsip demokrasi,”pintanya.

Untuk diketahui,penambahan DP4 akan berdampak pada jumlah pemilik hak suara di 270 daerah peserta yang akan ikut Pilkada.DP4 akan digunakan KPU Provinsi dan kabupaten/kota sebagai salah satu sumber untuk menyusun DPT Pilkada 2020.(Penulis:Irianto)