Kalau Tidak Ada TMMD Batang Jalan Belum Halus

oleh -

BATANG – Dalam hitungan jari, warga Dusun Durensari Desa Durenombo Kecamatan Subah, akan mempunyai akses pendekat guna membawa hasil panen ke Pasar Subah. Pasalnya TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang akan ditutup sembilan hari lagi. Senin (5/11/18).

Jalan yang direkonstruksi dan ditingkatkan pengaspalan sepanjang 2.359 meter, oleh Satgas TMMD bersama segenap komponen masyarakat di Kabupaten Batang, progres pada hari Ke-22 ini adalah 1.830 meter atau 77,5 %. Semua tidak terlepas dari alat peralatan yang digunakan, dropping yang menjamin material ada, cuaca yang bersahabat serta yang paling utama adalah faktor semangat itu sendiri.

Jalan itu sudah dinantikan warga dusun tersebut selama ratusan tahun, sebelumnya sudah dibangun pemerintah, namun terputus sejak longsor dan tanah bergerak yang juga menghapus 2 dusun di Durenombo dari peta (Kwarasan dan Karangsuwung). Kedepan akses penghubung akan menjadi jalur transportasi warga ke kota, pertanian, pendidikan dan kesehatan warga dua pedukuhan tersebut. Kehadiran TMMD mendukung pemerataan pemerintah dari wilayah pinggiran di Kabupaten Batang merealisasikan harapan penduduk setempat memiliki jalan pendekat tercapai, dan akan diserahkan kepada masyarakat Durenombo melalui peresmian 14 November ini dengan pengguntingan bando.

Dikatakan Danramil 01 Subah Kodim 0736 Batang, Kapten Inf. Sugito, “Apa yang kami kerjakan adalah untuk membantu kesulitan rakyat di Durenombo, sehingga kami Satgas TMMD bersama instansi terkait, segenap ormas dan masyarakat setempat, tetap menjaga semangat guna mewujudkan harapan terbebas dari keterisoliran dengan mempunyai jalan pendekat yang baik. Mungkin kalau tidak ada TMMD, entah kapan jalan ini seperti sekarang.” ungkapnya di lokasi pengaspalan. (Aan)