Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Gelar Gerebek Lumpir di Kalibaru Barat di Jalan Dr Saharjo

oleh -

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Untuk mengantisipasi pengendalian banjir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan pengerukan lumpur secara masif di Kali Baru Barat segmen Jl. Dr. Saharjo, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, ┬áRabu (30/9/2020).

Menurut Wagub DKI Ahmad Riza Patria, gerebek lumpur merupakan kegiatan pengerukan lumpur yang dilakukan secara masif di danau, sungai, waduk di seluruh wilayah Jakarta.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf menjelaskan, gerebek lumpur merupakan kegiatan pengerukan lumpur yang dilakukan secara masif di danau, sungai, waduk di seluruh wilayah Jakarta.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi proses pendangkalan dengan mengerahkan alat berat berskala hingga 3 (tiga) kali lipat dari kapasitas biasanya,” ujarnya.

Untuk di Kali Baru Barat sendiri, tambah Juani, telah dikerahkan sebanyak 7 (tujuh) unit alat berat, dari yang biasanya dipakai hanya 2 (dua) unit alat berat. Pengerahan alat berat dalam skala 3 (tiga) kali lipat lebih banyak ini bertujuan agar proses pengerukan berlangsung lebih cepat dari waktu normal.

Untuk diketahui, Kali Baru Barat telah mengalami pendangkalan hampir 2 meter dan beberapa kali terjadi genangan saat musim penghujan. Pengerukan Kali Baru Barat segmen Jl. Minangkabau sampai dengan Jl. Gatot Subroto telah dilakukan sejak tanggal 3 Juni 2020 hingga 31 Agustus 2020. Sedangkan pengerukan Kali Baru Barat segmen Jl. Dr. Saharjo Kec. Setiabudi berlangsung sejak tanggal 1 September hingga sekarang.