Menhub Budi Karya Periksa Langsung Pengecekan dan Inspeksi Persiapan Penerbangan Batik Air

oleh -
Pemeriksaan Sebelum Pemberangkatan oleh Menhub (Foto: Angkasa Pura II)

TANGERANG,NUSANTARAPOS,- Batik Air (Kode penerbangan ID) member of Lion Air Group di Bandara Udara Internasonal Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (17/1/21) melaksanakan pemeriksaan, pengecekan dan inspeksi terhadap persiapan dan pelaksanaan operasional penerbangan (ramp check) yang dipimpin oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama  Direktorat  Jenderal  Perhubungan  Udara  Kementerian  Perhubungan, Novie  Riyanto;  President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin; Operation Director of Batik Air, Capt. Zwingly Silalahi; Safety, Security and Quality Director of Batik Air, Capt. Wamildan Tsani Panjaitan, Maintenance and Engineering Director of Batik Air, Yanto Supriatno serta pihak lainnya yang terkait.

Selain itu, pelaksanaan ramp check juga dijalankan dari internal Batik Air  secara rutin dan berkala guna memastikan setiap operaisonal penerbangan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dengan tetap mengutamakan faktor-faktor yang memenuhi keamanan, keselamatan, kenyamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Hal ini bertujuan untuk menjamin penyelenggaraan angkutan penumpang berjadwal di lingkungan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Objek pemeriksaan meliputi   unsur administrasi, sumber daya manusia (petugas layanan darat dan awak pesawat), sistem menyeruluh pada pesawat udara serta unsur teknis lainnya.

Dari hasil ramp check yang telah dilaksanakan bahwa untuk armada Batik Air dinyatakan laik beroperasi

(airworthy for flight).

Batik Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama, koordinasi pelaksanaan ramp check hari ini. Berbagai rekomendasi dan referensi yang Batik Air terima akan selalu dianalisis dan dijalankan. Dengan demikian Batik Air akan menjadikan sebagai salah satu dalam peningkatan kualitas layanan.

Batik Air juga menyampaikan terima kasih kepada regulator, pemerintah daerah, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta mitra yang telah mendukung kelancaran operasional Batik Air selama ini. Kedepan, sinergitas akan terus terjalin dan terlaksana secara tepat.

Batik Air juga mengapresiasi dan menempatkan penghargaan tertinggi kepada awak pesawat, petugas layanan darat dan seluruh karyawan yang telah bekerja keras dalam menjalankan operasional Batik Air.

Batik Air, dalam situasi Covid-19 ini juga menjalankan tindakan preventif dan antisipasi menurut protokol kesehatan terutama berkaitan sisi kesehatan serta kepentingan manusia (human interest) yang mencakup dari karyawan/ staf dan calon tamu.

“Untuk persiapan operasional penerbangan, Batik Air tetap melakukan pengecekan kesehatan kepada pilot, awak kabin dan teknisi. Pemeriksaan kesehatan sebelum penerbangan (pre-flight health check) sangat penting untuk menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight), agar keselamatan dan keamanan penumpang selama dalam penerbangan terjamin,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro

Sementara, untuk memfokuskan pada bisnis berkelanjutan nanti, Batik Air selalu mempersiapkan layanan operasional secara komprehensif berdasarkan berdasarkan strategis bisnis yang

tengah dipersiapkan pada waktu mendatang. Komitmen keselamatan dan keamanan telah menjadi prioritas

utama.

Batik Air juga telah memperoleh sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari International Air Transport Association (IATA) ketiga kalinya. Hal ini menunjukkan bahwa, level keselamatan di seluruh organisasi Batik Air meningkat, citra layanan di mata publik dan tamu semakin membaik dan aspek kualitas dalam industri penerbangan sesuai standar internasional.

Batik Air juga senantiasa mengembangkan full-service sejalan meningkatkan jaringan serta kualitas layanan. Batik Air melayani konektivitas terjangkau dan mempunyai frekuensi penerbangan mencapai lebih dari 180 perhari dengan rata-rata tingkat ketepatan waktu (OTP) 92.63%. (EDITOR)