Operasi Ketupat Jaya Dimulai Besok, Polda Metro Siapkan 381 Titik Jalur Penyekatan

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Sesuai arahan Pemerintah mengenai pelarangan mudik, Polda Metro Jaya akan menggelar operasi Ketupat Jaya 2021 dan melakukan penyekatan jalur mudik mulai besok 6 Mei 2021 pukul 00.00 WIB hingga 17 Mei 2021.

Kepala Korlantas Irjen Istiono mengatakan, “Operasi Ketupat Jaya 2021 adalah operasi kemanusiaan yang merupakan ikatan persuasif dan humanis,” kata Istiono yang ditemui saat apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Jaya 2021 di Lapangan Polda Metro Jaya, Rabu (5/5/2021).

“Penyekatan dilakukan mulai besok di 381 titik dan terus kita kelola,” jelasnya.

Di tempat sama, Dirlantas Polda Metro Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, ada beberapa kepentingan yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan.

“Perjalanan angkutan barang atau logistik, perjalanan dinas, kedukaan mengunjungi orang yang meninggal dunia atau sakit, kemudian ibu hamil yang melakukan persalinan. Maka di luar itu tidak diperbolehkan melakukan perjalanan, ” terang Sambodo.

Selain itu, ia juga menyatakan bagi anggota TNI-POLRI dan ASN yang berniat melakukan perjalanan harus membawa surat perjalanan dinas, tanda tangan basah, cap basah, dan print out (bukan fotokopi). Aturan tersebut berlaku individual dan satu kali perjalanan.

“Kemudian untuk masyarakat umum dan pekerja informal, minimal ada surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah yang menyangkut tentang apa tujuan perjalanan. Di luar itu maka akan kita putar balikan,” pungkasnya. (Arie)