Dianggap Edukasi Anak Muda, Asep Rahmatullah Dukung Festival Kaibon

oleh -206 views

Jakarta, NusantaraPos – Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mendukung penuh Festival Kaibon yang dilaksanakan pada 7-9 Maret 2019. Menurut Asep, agenda yang telah lama disiapkan Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga (Disparpora) Kota Serang ini, memiliki peran penting untuk mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda.

“Agar generasi muda mengenal dan mencintai tradisinya,” ujarnya, Kamis (7/3/2019).

Secara umum festival ini sama seperti festival pada umumnya. Misalnya menampilkan kesenian tari khas daerah, seperti rampak bedug dan ubrug. Ada penampilan kesenian daerah khas Banten, dan pesertanya melibatkan komunitas-komunitas dan Disparpora.

“Festival di setiap daerah memiliki fungsi edukasi dalam mengkampanyekan budaya di suatu daerah. Kita harus sama-sama dukung dan sukseskan agar agenda semacam ini bisa tetap lestari dengan semangat yang diusungnya, menggali potensi kesenian zaman dulu agar terus eksis di tengah-tengah masyarakat,” tutur Asep.

Tujuan dari kegiatan sendiri untuk menggali potensi kesenian khas Banten pada zaman dahulu, agar bisa dinikmati kembali oleh masyarakat sekarang. Kegiatan ini, kata kader PDI Perjuangan tersebut, dihelat juga untuk mengembalikan kesenian daerah Banten yang saat ini mulai terkikis dan terlupakan. Untuk Kota Serang sendiri festival ini baru pertama kali diadakan, pada tahun sebelumnya, Festival Kaibon diadakan oleh Provinsi Banten dan pada tahun ini hingga tahun-tahun selanjutnya, akan menjadi agenda rutin tahunan di Disparpora Kota Serang.

“Diharapkan kegiatan seperti ini bisa terus lestari sebagai upaya kita melestarikan kesenian kita. Saya berharap agenda semacam ini terus dikembangkan termasuk di daerah lain agar warisan tradisi kita tetap eksis di tengah-tengah masyarakat,” tandas calon anggota DPRD Provinsi Banten. (RK)

Comment